“Aku akan memalingkan orang-orang yang menyombongkan dirinya dimuka bumi tanpa alasan yang benar…” (Az-zukhruf : 146) 

Kalau di tulisan sebelumnya kita membahas tentang 3 hal yang bisa menyebabkan diri kita menjadi pribadi yang sombong ( Baca disini ) , maka pada tulisan kali ini kita akan membahas tips untuk menghilangkan sifat sombong dari dalam diri kita.

Sombong adalah salah satu penyakit hati yang berbahaya, sifat yang sangat tercela dan bahkan akan menjadi suatu kebiasaan jika tidak dihilangkan. Maka oleh karena itu menghilangkan sifat sombong sudah menjadi kewajiban bagi diri kita, jika dalam kepribadian kita masih terselip rasa sombong.

Ada 2 tips menghilangkan kesombongan dari dalam diri yaitu :

1. Memotong pohonnya serta mencabut akar tempat tumbuhnya didalam hati kita.

Jika selama ini rasa sombong, kebiasaan untuk memuji diri, merasa lebih hebat dari orang lain, sering merendahkan dan meremehkan orang lain telah bersemayam dalam hati kita. Ibaratnya sebuah pohon, sombong itu telah tumbuh dan mengakar dalam hati kita. Maka tak ada cara lain untuk menghilangkannya kecuali hanya dengan memotong pohonnya serta mencabut akarnya dari dalam hati kita.

Untuk melakukan tips ini, perlu dilakukan evaluasi diri, tanya diri kita selama ini. Adakah dalam diri kita tertananam rasa sombong. Selain evaluasi diri sendiri, untuk mengetahui ini kita juga bisa minta pendapat orang-orang terdekat kita untuk membantu melihat kepribadian kita, adakah dalam kepribadian kita ada sifat buruk yang bernama sombong.

Setelah mengetahui tentang keberadaan sombong dalam diri kita, maka pangkas pohonnya dan cabut akarnya dengan memohon ampunan pada Allah SWT, perbanyak istigfar, dan berkomitmen untuk tidak akan menanam kembali sifat buruk yang bernama sombong tersebut dalam jiwa kita.

Belajar dari Al-quran, dari hadits rasulullah serta berbagai pendapat para ulama tentang bahaya serta keburukan-keburukan sifat sombong. In syaa Allah dengan mengetahui banyak bahaya dan mudharatnya kita akan bisa lebih mudah untuk berkomitmen tidak menyombongkan diri lagi.

2. Menjauhkan diri dari hal-hal yang sekiranya akan mendekatkan kita pada kesombongan.

Sombong ialah sebuah kebodohan, apapun yang menjadi asbab dari kesombongannya, apakah ia sombong karena ilmu yang dia miliki, sombong karena kecerdasan yang dia punyai, sombong karena kecantikan atau ketampanan, sombong karena keturunan, sombong karena harta kekayaan, sombong karena tahta jabatan atau apapun itu yang menyebabkan dirinya sombong.

Maka sadarilah, kalau itu semua tidak akan berarti apa-apa kalau bukan karena Allah, sadarilah kita sebagai manusia tidak memiliki kuasa apapun, hanya Allah yang maha kuasa. Jika Allah menghendaki itu semua hilang atau lenyap dari diri kita, maka hanya suatu yang sangat mudah bagi Allah untuk melenyapkan itu semua, untuk mengambil itu semua dari kita.

Jadi, tips terbaik untuk menjauhkan diri dari hal-hal yang bisa menyebabkan diri kita sombong adalah, menyadari kalau kita bukanlah apa-apa, bukanlah siapa-siapa hanya Allah yang maha kuasa. [Uda Agus/elmina]

Sumber foto : gambarwallpaper.fondecranhd.net

Artikel Menarik Lainnya







comments