Rasulullah SAW bersabda :

“Barang siapa dapat mengasuh dua orang anak perempuan hingga dewasa, maka aku akan bersamanya di hari kiamat kelak.” Anas bin Malik berkata : Beliau merapatkan kedua jarinya.(H.r.Muslim)

Istimewanya orang tua yang Allah anugerahkan anak perempuan adalah kelak dia akan dekat dengan Rasulullah sebagaimana dekatnya dua jari. Tentu hadits ini menjadi motivasi untuk bagi orang tua khususnya ayah agar benar-benar mengasuh dan mendidik anak perempuannya hingga dewasa.

Anak perempuan butuh dekat dengan ayahnya. Berikut adalah 3 alasan kenapa anak perempuan harus dekat dengan ayahnya.

1. Karena anak perempuan butuh belaian lembut dan kasih sayang ayah untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan kepribadiannya

Dr. Anna Sarkadi dari Departmen kesehatan wanita dan anak di swedia membeberkan hasil kajiannya selama 20 tahun hubungan antara kedekatan ayah dan anak perempuan. Dia menyampaikan anak yang memiliki kedekatan dan merasakan kasih sayang dari ayah cenderung memiliki kepribadian yang lebih baik seperti tidak merokok, tidak bermasalah dengan polisi serta mencapai hasil terbaik dalam pendidikannya.

Sementara untuk jangka panjang, masih kata Dr. Anna Sarkadi “Wanita yang memiliki kedekatan dengan ayah akan lebih baik dalam menjalani hubungannya dengan pasangannya kelak, dan rasa kesejahteraan mental dan jasmani yang lebih besar pada usia 33 tahun jika anak memiliki hubungan baik dengan ayah mereka ketika berusia 16 tahun”.

2. Karena anak perempuan butuh sosok laki-laki hebat yang akan jadi paramter baginya dalam memilih serta menentukan pasangan

Banyak perempuan yang enggan menikah, hilang kepercayaan pada laki-laki. Atau sebaliknya terlalu mudah percaya pada laki-laki sehingga melakukan tindakan yang merugikan dirinya sendiri disebabkan renggangnya hubungan antara anak perempuan dan ayah.

Sementara anak perempuan yang memiliki kedekatan dengan ayah semenjak kecil akan memiliki sosok laki-laki idaman dalam dirinya. Biasanya mereka akan berkata “laki-laki terbaik itu adalah seperti ayahnya”. Anak perempuan yang dekat dengan ayah juga tidak mudah untuk dirayu dan dibujuk oleh laki-laki, mereka sangat selektif terhadap laki-laki yang mendekatinya. Dia akan benar-benar mau menerima seorang laki-laki yang serius dan dia rasa bisa menggantikan peran ayahnya.

3. Karena anak perempuan butuh peran ayah dalam memilih jodoh terbaik untuknya saat telah siap menikah kelak

Mencarikan dan menikahkan anak perempuannya adalah salah satu tanggung jawab ayah. Sebelum dia menikah anak perempuan adalah milik ayahnya, yang bertanggung jawab atas dirinya adalah ayahnya dan yang wajib ditaatinya juga ayahnya. Namun setelah menikah hal ini akan berpindah pada laki-laki yang menjadi suaminya.

Disinilah peran penting ayah, memastikan bahwa laki-laki yang menjadi suami dari anaknya adalah laki-laki yang taat, yang baik akhlaknya serta bisa memberikan tanggung jawab lahir batin untuk anak perempuannya.

Tugas ayah adalah menyiapkan anak perempuannya untuk menjadi wanita yang taat dan shaleha sehingga layak juga bertemu dengan laki-laki shaleh dan siap menjadi seorang istri dan ibu bagi anak-anaknya kelak.

Idealnya kedekatan ayah dan anak perempuanya tidak dibangun dalam waktu yang singkat, ini adalah sebuah proses panjang butuh perjuangan dan pengorbanan. Seorang ayah sudah harus dekat dengan anak perempuannya saat si anak masih dalam janin, saat anak dilahirkan, saat anak dibesarkan hingga kelak siap untuk dinikahkan. Dan yang paling penting juga kedekatan seorang ayah dengan anak perempuannya tentu tidak terlepas dari kedekatan ayah dengan ibu si anak tersebut -istrinya-.

Artikel Menarik Lainnya







comments