Semakin kesini suasa ekonomi semakin carut marut dan tak berkejelasan, dolar yang melonjak semakin tinggi, harga-harga yang semakin melangit. Kehidupan finansial semakin meresahkan, penghasilan semakin susah namun kebutuhan untuk pengeluaran semakin bertambah. Di sisi lain mencari pekerjaanpun semakin sulit, bahkan yang sudah di bekerjapun terancam kena PHK.

Di saat carut-marut kondisi ini terkadang bagaimana cara memenuhi kebutuhan perut menjadi ujian tersendiri. Ketika Allah uji kita dengan berbagai kesulitan dan kesempitan tak sedikit yang akhirnya menggadaikan akidah, harga diri, atau mungkin integritas demi sesuap nasi. “Cari yang haram saja susah apalagi yang halal” begitu celetuk sebagian saudara kita sebagai dalih untuk pembenaran baginya melegalkan berbagai cara dalam mengais rezeki.

Uang itu memang penting, perlu dan mendesak tapi mesti diingat ada satu hal yang jauh lebih penting, perlu serta mendesak yaitu selalu taat dan takwa kepada Allah SWT. Begitu juga dengan kaum muslimah, calon ibundanya generasi penerus peradaban ini untuk bisa selalu berhati-hati dan berwaspada diri dalam memilih dan memilah pekerjaan. Ada 3 jenis pekerjaan yang sebaiknya dihindari, dijauhi bahkan ditolak oleh para muslimah, 3 pekerjaan tersebut adalah :

1. Pekerjaan yang menyebabkan tergadainya akidah

Ketika mata sudah dibutakan oleh harta, dan hati dimatikan oleh nafsu duniawi maka tak jarang orang yang kalap sehingga menggadaikan akidahnya demi sebuah pekerjaan. Sering kita dengar entah berapa banyak yang keluar dari agama ini dengan iming-iming harta bahkan yang sangat menyedihkan lagi ketika akidah tergadai oleh 1 bungkus mie instan atau 1 liter beras, mungkin hal ini sudah tidak asing ditelinga kita.

Menjaga akidah adalah hal utama dan terpenting, coba tengok ke belakang sejarah tentang orang-orang shaleh disekitar Rasulullah SAW, bagaimana mereka menjaga akidahnya. Tidak lagi hanya perkara perut saja namun nyawa dan ragapun sering mereka korbankan demi akidahnya.

Maka keyakinan akan pertolongan Allah adalah hal yang utama dan sangat penting sekali bagi kita. Disaat Allah uji kita dengan sesuatu yang sulit yakinlah selalu kalau bersama itu akan ada kemudahan dari Allah SWT.

2. Pekerjaan yang menyebabkan tergadainya harga diri dan menjauhkan diri dari kewajiban kepada Allah SWT.

Prostitusi adalah salah satu pekerjaan yang menyebabkan tergadainya harga diri seorang wanita. Memang kebutuhan ekonomi yang mendesak selalu menjadi permasalahan utamanya. Menanamkan akidah yang kuat dalam diri, selalu mendekatkan diri dalam sujud dan ketaatan kepada Allah SWT adalah salah satu cara untuk menjaga diri dari hal-hal yang Allah larang ini.

Pada kondisi lain tidak jarang juga seorang muslimah yang rela meninggalkan kewajibannya terhadap perintah Allah SWT demi sebuah pekerjaan. Kita bisa lihat contohnya adalah ketika seorang muslimah menanggalkan jilbabnya dan berpakaian menampakkan aurat karena mengikuti peraturan tempat dia bekerja. Mencari nafkah berupa uang memang suatu hal yang penting, namun tetap taat kepada Allah SWT dan selalu yakin kalau Allah telah menjamin rezeki kita adalah suatu hal yang wajib bagi setiap muslimah.

3. Pekerjaan yang mengurangi “muru’ah” (adab) sebagai seorang muslimah.

2 Adab penting bagi seorang muslimah adalah menjaga diri dan memiliki malu. Selain menutup diri dengan berhijab syari ada lagi yang perlu diperhatikan oleh seorang muslimah adalah adab dalam pergaulan laki-laki dan perempuan. Menjaga diri dari bebas dan terbukanya pergaulan dengan kaum laki-laki, bisa kita ambil contoh sebuah pekerjaan yang menuntu interaksi antara laki-laki dan perempuan yang terlalu intens dan dekat sebaiknya dihindarkan apalagi jika disatukan dalam sebuah ruangan yang kecil sehingga interaksi antara laki-laki dan wanitanya tidak terkontrol apakah itu dalam bercanda, bersentuhan dan interaksi lainnya.

Selain itu juga perlu diperhatikan adalah pekerjaan yang menuntut seorang wanita untuk pulang larut malam. Tidak sedikit kita dapati berbagai kasus pemerkosaan dan pelecehan lainnya yang terjadi di angkutan transportasi umum ataupun dijalan disaat wanita pulang dari tempat pekerjaan.

Saudariku semua, kira-kira itulah 3 jenis pekerjaan yang sebaiknya dihindari oleh seorang wanita. Mencari nafkah memang suatu hal penting namun menjaga diri agar selalu berada dalam ketaatan kepada Allah SWT adalah hal yang paling utama. Semoga bermanfaat.

Sumber foto : www.sehatfresh.com

Artikel Menarik Lainnya







comments