Apa yang paling penting dipersiapkan menuju Ramadhan?

Yapp, ruhiyah tentunya, ya. Tapi boleh donk kita bangun juga kesiapan semangat kita, salah satunya dengan membenahi rumah agar tercipta suasana berbeda. Apalagi lingkungan fisik diyakini para ahli turut mempengaruhi mood atau kondisi jiwa seseorang. Jadi tak ada salahnya kita beres-beres rumah supaya semangat kita semakin bergelora menyambut Ramadhan tiba. Yuk intip tips-tipsnya!

  1. Mulai dari Halaman Depan

Ada apa di halaman teras rumah kita? Pepohonan yang rimbun nan lebat? Atau malah gersang tiada satupun tanaman?

Tanaman hijau, selain membawa oksigen yang menyegarkan pernafasan, juga menimbulkan efek rileks pada mata yang memandang. Jika halaman depan rumah kita ditumbuhi pohon besar yang sudah demikian lebat dedaunannya, tak ada salahnya kita pangkas sedikit dahan-dahan. Tetapi jangan sampai gundul karena akan menimbulkan efek panas di musim kemarau ini. Setelah itu, lihat rumah kita dari kejauhan, pasti lebih rapi dan sedap dipandang.

Sebaliknya, jika teras rumah polos sepolos-polosnya (alias tembok semua tanpa tanaman hijau), kita bisa coba letakkan 2-3 pot berisi tanaman kecil untuk pemanis. Memang terasa repot merawat kalau kita bukan tipe penyuka tanaman. Tapi ada kok tanaman yang tak butuh perawatan khusus. Kalau mau lebih simple, bisa gunakan tanaman plastik yang tak kalah apik.

Kalau kita memang lebih suka bebas pohon atau tak ada ruang, it’s okay then. Yang perlu kita pastikan adalah kebersihannya. Masa’ muslimah rumahnya jorok? Ih, enggak lah ya!

Selain soal tanaman, kita juga bisa pertimbangkan untuk mengecat ulang tembok rumah bagian depan dan juga pagar. Serasa rumah baruu…

  1. Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Setelah teras depan beres, langkahkan kaki ke ruang tamu dan ruang keluarga. Coba edarkan pandanganmu ke seluruh ruangan. Apa ya yang bisa ditata ulang supaya ruang yang satu ini terasa fresh?

Tak perlu heboh mengganti sofa lama dengan yang baru jika memang over budget atau dirasa berlebihan. Kita bisa siasati dengan beberapa cara, seperti mengganti sarung sofanya, menambahkan cushion-cushion lucu, mengganti sarung  bantal dan taplak meja, mencuci gordyn, menata ulang dekorasi dinding, meletakkan pajangan baru, dan sebagainya. Coba juga utak-atik posisi sofa dan meja makan untuk menimbulkan suasana berbeda.

Jika ruangan ini sering dipakai bersama sekeluarga, pastikan juga kita mudah membersihkannya. Jangan sampai posisi perabot malah menyulitkan saat momen bebersih tiba.

  1. Toilet dan Dapur

Yang ini adalah area vital yang selalu dipakai setiap hari.  Untuk toilet, pastikan ia bersih dan higienis supaya kuman tak betah berlama-lama disana. Yang bisa kita lakukan antara lain menguras bak mandi, menyikat kloset serta dinding dan lantainya, mengganti keset, plus memperbarui peralatan mandi (sabun, pasta gigi dan sebagainya) agar mudah saat ingin menggunakan.

Untuk dapur juga mirip-mirip ya, kebersihannya sangat perlu dijaga. Jangan biarkan ada sampah menumpuk karena akan memancing hewan kotor berkumpul. Lap bersih dinding dan kompor secara berkala, serta tata ulang penempatan peralatan masak. Simpan baik-baik barang yang jarang dipakai dan buang/hibahkan yang tak terpakai. Letakkan perabot yang akan sering dipakai saat Ramadhan di tempat yang mudah dicapai. Untuk mempercantik, kita bisa menata ulang posisi perabot dapur, mengganti serbet dengan yang baru atau menambahkan sejumlah pajangan di dinding atau meja.

  1. Kamar Tidur

Tidur tetap menjadi aktivitas yang diperlukan selama Ramadhan. Meski mungkin ada di antara kita yang berencana untuk itikaf di masjid sehingga mengurangi porsi tidur di rumah, tak ada salahnya kita benahi juga ruang privat ini.

Langkah simple yang langsung memunculkan suasana berbeda di kamar adalah mengganti sprei kasur. Jika kita ingin nuansa yang lebih baru, ganti warna dinding dan cat ulang atau pasang wall paper. Bila mau lebih hemat, bisa disiasati  dengan wall sticker yang sangat beragam dijual di luar sana. Selain itu kita juga bisa mereposisi letak tempat tidur, lemari dan perabot-perabot yang ada. Jangan lupakan space ibadah jika kita banyak melakukan sholat dan tilawah di kamar. Letakkan mukena, sarung dan Al Qur’an di tempat yang mudah dijangkau agar ibadah semakin lancar.

Well, tips-tips di atas sebenarnya tidak terlalu heboh ya bagi kita yang memang rajin menata dan make over rumah. Tapi tak ada salahnya membuat rumah terasa lebih special menyambut bulan mulia. Dan sesederhana apapun yang dilakukan, prinsip kebersihan dan kerapihan menjadi 2 hal pokok yang tak boleh dilupakan. Bukankah Allah itu indah dan menyukai keindahan? Tak ada salahnya kita perbarui lingkungan fisik kita, berbarengan dengan terbarukannya niat dalam hati kita untuk menjadikan Ramadhan kali ini sebagai yang terbaik yang pernah ada.

Yuk, sebelum 1 Ramadhan datang, segerakan benah-benah rumah kita. Ahlan wa sahlan Ramadhan 😊

***

pict : http://wallpaper-gallery.net/single/sweet-home-wallpaper/sweet-home-wallpaper-9.html

Artikel Menarik Lainnya







comments