Jadi muslimah jangan minder dan sifat minder ini tentu adalah sifat yang harus dijauhi. Namun sebaliknya kepercayaan dirilah yang semestinya dibangun dan ditingkatkan dalam setiap pribadi muslimah. Yang pertama seorang muslimah harus percaya diri dengan kemuslimahan serta berbagai atribut yang menunjukkan idetitasnya sebagai seorang muslimah seperti hijab, menundukkan pandangan, tidak pacaran serta menjalankan ketaatan-ketaatan lainnya. Yang kedua adalah seorang muslimah harus percaya diri dengan potensi yang dimilikinya dan yang terakhir seorang muslimah harus percaya diri dengan segala hal kondisi atas status dirinya seperti kondisi ekonomi, pendidikan, perjodohan dan lain sebagainya.

Namun terkadang yang menjadi ujian tersendiri bagi setiap muslimah adalah sulitnya memiliki kepercayaan diri, yang ada hanya perasaan minder, merasa kurang dari orang lain, merasa tidak mampu dan merasa serba takut salah dalam melakukan sesuatu. Tentu hal ini akan berdampak negative dalam kehidupan sehari-hari, mengganggu pribadi untuk bertumbuh menjadi yang lebih baik, serta jika hingga menjadi seorang istri dan ibu masih memiliki sifat ini bisa-bisa menurun terhadap anaknya.

Berikut adalah 4 tips membangun kepercayaan diri bagi seorang muslimah :

1. Semua manusia sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan

Salah satu penyebab utama seseorang menjadi minder serta tidak percaya diri adalah saat melihat dirinya terlalu banyak kekurangan dan melihat orang lain memiliki banyak kelebihan. Nah, untuk hal ini kita perlu menyadari kalau Allah SWT maha adil jadi mustahil dia menzhalimi kita dengan berlaku tidak adil. Hal selanjutnya yang perlu kita sadari adalah Allah menciptakan manusia sesuai dengan kelebihan serta kekurangannya, dan dalam setiap peciptaan Allah ada hikmah serta kebaikan yang terkandung di dalamnya. Boleh jadi sesuatu yang Allah berikan pada kita tidak kita sukai namun Allah menyukainya sebab terkandung kebaikan di dalamnya begitu juga sebaliknya saat kita menyukai sesuatu namun Allah tidak menyukai sebab terkandung keburukan di dalamnya.

2. Jadi diri sendiri dan tidak membanding-bandingkannya dengan orang lain

Cara para paling naif dalam melihat keberhasilan diri sendiri adalah dengan membandingkannya dengan orang lain. Jika kita terlihat lebih hebat khawatir muncul rasa ujub dan sombong namun jika kita terlihat lebih banyak kurangnya yang akan muncul minder. Cara terbaik dalam melihat diri adalah dengan membandingkan diri kita hari ini dengan diri kita di masa lalu, karena kata Rasulullah SAW seorang muslim itu hari ini harus lebih baik dari hari kemaren bahkan jika hari ini sama dengan hari kemaren maka termasuklah dia ke dalam golongan yang merugi dan jika hari ini lebih buruk dari hari kemaren maka termasuklah pada golongan yang celaka.

Melihat kebaikan orang lain tentu sah-sah saja kalau untuk belajar dan mencari inspirasi darinya bukan untuk membandingkan lalu kita menjadi merasa serba kekurangan dan menyebabkan pada minder.

3. Orang terbaik di sisi Allah adalah mereka yang bertakwa

Dalam hidup ini Allah tidak menilai kecantikan kita, keindahan tubuh kita, pintarnya dalam menyusun kata, kepandaian di sekolah atau bangku kuliah, banyaknya harta yang dimiliki. Tapi yang Allah lihat dan jadikan ukuran pretasi kita sebagai hambanya adalah ketaatan serta ketakwaan kita kepada Allah SWT.

4. Selalu bersyukur dengan melihat sisi baik dalam diri

Terkadang sulit untuk percaya diri juga disebabkan oleh terlalu jarang bersyukur, terlalu banyak mengeluh dan hanya berfokus melihat keburukan dan kejelekan dalam diri. Padahal sangat banyak kebaikan-kebaikan serta nikmat-nikmat yang Allah berikan namun kita melupakannya. Semakin kita bersyukur, semakin kita fokus melihat kebaikan InsyaAllah semakin meningkatnya kepercayaan diri kita.

Itulah 4 tips untuk membangun kepercayaan diri bagi muslimah. Semoga bermanfaat.

Sumber foto : www.arrahmah.com

Artikel Menarik Lainnya







comments