Salah satu ilmu penting namun sayangnya pembelajaran  tidak kita dapatkan di bangku sekolah baik yaitu ilmu mendidik anak, terlebih lagi mendidik anak dengan konsep Islam menurut tuntunan Allah dan sebagaimana juga yang diteladankan oleh Rasulullah SAW.

Islam sebagai agama yang sempurna memiliki konsep pendidikan yang kuat termasuk juga konsep pendidikan yang membuat anak kuat keimanan dan tangguh ketakwaannya. Pada tulisan kali ini kita akan membahas adab yang penting kita ajarkan pada anak-anak kita saat dia mulai beranjak dewasa.

1. Tidur lebih awal untuk bangun lebih awal

Tidur larut malam tentu sangat tidak baik bagi kesehatan dan juga akan mengganggu ibadah shalat shubuh di pagi hari. Saat tidur terlalu malam tentu membuat kita kesulitan bangun di pagi hari. Karena tidur larut malam lebih banyak mudharat dibanding manfaatnya maka anak-anak kita perlu dididik sejak dini untuk untuk tidur lebih awal.

2. Jangan tidur telungkup

Ayah Ya’isy bin Thakhfah AL-Ghifari berkata, “Ketika saya sedang berbaring tertelungkup di masjid, tiba-tiba ada seorang yang menggerakkan tubuhku dengan tubuhku dengan kakinya seraya berkata, “Ini adalah cara tidurnya orang yang dimurkai Allah”. Ketika aku menoleh ternyata orang itu adalah Rasulullah.”

Dalam riwayat lain disebutkan, “Ini adalah cara tidurnya ahli neraka”. 

Terbukti saat ini menurut berbagai penelitian ternyata tidur telungkap juga tidak baik bagi kesehatan seperti menganggu kesehatan jantung, pernapasan, penuaan lebih dini dan lain-lain.

3. Menjaga adab antara anak laki-laki dan perempuan dengan memisahkan tempat tidurnya

Rasulullah SAW bersabda :

“Perintahkan anak-anak kalian mengerjakan shalat bila telah menginjak usia tujuh tahun dan pukullah mereka karena meninggalkannya bila telah berusia sepuluh tahun dan pisahkanlah tempat tidur mereka. Apabila seseorang di antara kalian menikahkan budaknya dan pelayannya, janganlah ia melihat aurat karena sesungguhnya bagian di bawah pusar sampai lututnya termasuk auratnya” (HR.Ahmad)

Salah satu adab penting yang perlu diajarkan pada anak adalah agar dia menjaga pergaulannya meskipun itu dengan saudaranya sendiri. Memisahkan anak tidur antara yang laki-laki dan perempuan juga bermanfaat untuk menghindari prilaku seks menyimpang.

4. Mengajarkan anak untuk menghormati yang tua serta menyayangi yang lebih muda

Banyak kita lihat dilingkungan masyarakat anak-anak yang tidak hormat pada yang tua bahkan tak jarang yang mengejek, menertawakan bahkan menghina orang yang lebih tua darinya entah itu sebab karena usia yang terlalu tua atau bentuk fisiknya. Begitu pada yang lebih kecil darinya sering dijadikan sebagai korban bullyan hingga berbagai aktivitas yang sangat fatal seperti pemukulan.

5. Mengajarkan anak untuk menundukkan pandangan dan menutup auratnya

Dalam sebuah riwayat Ibnu Khuzaimah disebutkan bahwa nabi bersabda kepadanya, “Keponakannku, pada hari ini, siapa yang menundukkan pandangan matanya dan memelihara kemaluan dan lisanya, dosa-dosanya akan diampuni” 

Begitulah wasiat Rasulullah SAW pada kita semua para orang tua agar mendidik anak-anak kita menundukkan pandangan dan menjaga auratnya. Cakupan lebih luas dalam pesan ini tentu agar kita para orang tua menjaga pergaulan laki-laki dan perempuan semenjak dini mungkin. Kita harus tumbuhkan rasa lalu dalam diri anak-anak kita saat ingin melihat atau bercanda secara berlebihan kepada lawan jenisnya.

Lebih lagi bagi anak perempuan, tentu kita ajarkan dia untuk menutup auratnya secara sempurna semenjak dini agar hal ini menjadi kebiasaan hingga ia beranjak dewasa.

Anak adalah amanah dari Allah SWT, ia akan diminta pertanggung jawabannya suatu saat nanti. Untuk itulah pentingnya kita para orang tua memperhatikan bagaimana menjaga keimanan dan ketaatan anak pada Allah SWT.

Artikel Menarik Lainnya







comments