Setiap ayah tentu menyayangi anaknya, walaupun terkadang cara seorang ayah menyayangi anak tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh sang anak. Setiap ayah menginginkan anaknya bahagia, namun tak sedikit terjadi beda pemaknaan bahagia antara ayah dan anak. Dalam pernikahan misalnya, anak menginginkan menikah dengan laki-laki pilihannya namun ayah menolak. Atau sebaliknya saat ayah menyetujui seseorang untuk suaminya tetapi anak malah yang tidak menyukai laki-laki tersebut.

Sebelum mengatakan orang tua egois atau ingin mengatur-ngatur anaknya mungkin ada baiknya kamu simak 5 alasan kenapa ayah menolak laki-laki pilihanmu.

1. Karena ayah masih ingin bersamamu

Salah satu konsekuensi dari pernikahan adalah berpindahnya segala tanggung jawab ayah padamu kepada laki-laki yang telah menjadi suamimu. Dan ini artinya juga berpindahnya ketaatanmu yang awalnya pada ayahmu setelah menikah ketaatan yang lebih utama adalah kepada suami.

Tak sedikit orang tua yang takut akan hal ini, sebab ia masih ingin bersama dengan anaknya, ia masih ingin bisa memanja anaknya dan terkadang muncul kekhawatiran kalau kamu akan melupakannya setelah menikah nanti. Jika memang kamu menemukan kondisinya seperti ini yakinkanlah pada ayahmu kalau kamu akan tetap berbakti setelah menikah nanti. Sampaikan padanya InsyaAllah laki-laki yang akan menjadi suaminya adalah seorang yang taat dan juga berbakti pada orang tua.

2. Karena ayah belum sepenuhnya mengenal laki-laki pilihanmu tersebut

Tentu ayahmu akan kaget jika dengan tiba-tiba kamu mengenalkan laki-laki yang akan menikahimu. Sementara disisi lain ayah belum mengenal laki-laki tersebut sepenuhnya.

3. Karena suara hati ayah mengatakan itu bukan laki-laki yang baik

Selain melihat penghasilan, keturunan, pekerjaan serta juga penampilan ada satu hal yang juga menjadi parameter bagi seorang ayah dalam meresetui pernikahan anaknya yaitu suara hati. Orang tua yang sangat mencintai anaknya tentu memiliki feeling siapa yang lebih cocok untuk anaknya, bahkan baru pertama kali melihatpun akan terasa di hati orang tua kalau laki-laki itu cocok atau tidak untuk anaknya.

4. Karena menurut ayah laki-laki tersebut belum siap menikahi

Setiap ayah tentu memiliki standar sendiri untuk calon menantunya, entah itu standar ilmu agama, penghasilan, keturunan dan lain sebagainya. Inilah menjadi alasan bagi ayahmu untuk menolak laki-laki yang kamu kenalkan, ayahmu menilai laki-laki tersebut belum siap untuk menjadi suamimu atau tidak sesuai dengan standar yang ayahmu inginkan.

5. Karena tidak melihat kesungguhan untuk menikahimu dari laki-laki tersebut

Tak sedikit juga para ayah yang menguji dulu kesungguhan laki-laki yang akan menikahi anaknya, ayah ingin melihat seberapa besar keinginan laki-laki tersebut ingin menjadi menantunya. Banyak cara dilakukan seperti menolak, mengatakan tidak sesuai dengan standarnya, mengatakan penghasilannya tidak memadai dan hal lainnya. Jika laki-laki tersebut tidak sungguh-sungguh tentu ia akan mundur secara teratur.

Cinta pada ayah tetap yang pertama dan utama

Prosesi menuju pernikahan terkadang akan penuh dengan ujian, salah satunya adalah ujian hati. Akan terasa gamang saat ayah tidak menerima laki-laki pilihanmu, padahal menurutmu itulah yang terbaik terlebih lagi sudah ada ikatan rasa di hatimu dengannya. Kalau sudah begini coba komunikasikan baik-baik dengan ayahmu, minta laki-laki tersebut untuk berbicara meyakinkan ayahmu. Jika tidak ditemukan jalan keluar, dan ayahmu tetap pada prinsipnya maka pilihlah ayahmu. Kamu boleh saja cinta pada laki-laki tersebut, tapi pastikan cinta itu tak mengorbankan keluarga sendiri.

Sumber foto : sangpenaimpian.blogspot.com

Artikel Menarik Lainnya







comments