Salah satu budaya umat islam namun terlupakan adalah menulis. Kita bisa mempelajari Islam hingga hari ini, kita menikmati beragam sajian ilmu-ilmu warisan ulama hingga kini lewat tulisan. Tulisan para ulama. Jadi sudah semestinya sebagai umat muslim kita kembali membudayakan menulis, mulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga dan masyarakat sekitarnya.

Dalam tulisan sebelumnya kami telah mengulas tentang 5 alasan kenapa muslimah harus menulis. Nah, pada bagian ini kami akan bagikan biografi singkat 5 penulis muslimah yang telah malang melintang dalam dunia kepenulisan. Dia tidak hanya menginspirasi Indonesia tapi juga dunia. Tentu harapannya 5 inspirasi ini menjadi penyemangat bagi sahabat muslimah semua.

1. Pipiet Senja

Pipiet senja adalah salah satu penulis yang cukup senior di Indonesia. Usianya sudah 60an tahun, ratusan buku sudah berhasil diterbitkan dan menyebar di berbagai belahan dunia. Seorang ibu yang juga Allah uji dengan penyakit Thalesemia ini harus menjalani transfusi darah secara rutin. Beliau juga juga meluangkan waktunya mendidik para tenaga kerja dan mahasiswa di luar negeri untuk menjadi penulis. Tak sedikit murid beliau yang berhasil menjadi penulis.

Bunda pipiet, begitu akrab disapa berpesan “Siapa saja bisa jadi penulis tanpa dibatasi oleh usia atau tingkat pendidikan, selama memiliki obsesi yang kuat InsyaAllah pasti bisa”. Beberapa dari karyanya yang cukup terkenal adalah Kalam – kalam langitJejak Cinta Sevilla, Dalam Semesta Cinta, Jurang Keadilan, Cinta Dalam Sujudku, Catatan Cinta Ibu dan Anak, Tuhan Jangan Tinggalkan Aku, Kepada YTH Presiden RI, Orang Bilang Aku Teroris, Menoreh Janji di Tanah Suci, dan lain-lain. Dan, Kalam-kalam langit adalah salah satu novel beliau yang diangkat ke layar lebar.

Dari bunda pipiet kita bisa belajar tentang arti kesungguhan, ketekunan dan pantang menyerah. Bunda pipiet mengajarkan pada kita menulis bukan hanya sebatas profesi atau pekerjaan saja tapi sudah menjadi panggilan jiwa.

2. Asma Nadia

Asma Nadia, mungkin nama ini sudah tidak asing bagi sahabat semua. Ratusan karya beliau tersebar dibelahan bumi nusantara bahkan dunia. Seorang ibu dari 2 anak yang juga hobi traveller ini j menjadikan menulis menjadi jalan untuk menginspirasi para muslimah agar lebih bangga pada Islam. Bunda Asma nadia membuktikan muslimah berhijab bisa berkarya, bisa keliling dunia dan tentunya membagikan banyak kebaikan untuk banyak orang. Hijab bukanlah halangan.

Karya-karya beliau pun sudah banyak yang di adopsi ke layar lebara seperti Emak Ingin Naik Haji, Syurga yang tak dirindukan,rumah tanpa jendela, Assalamualaikum beijing, Jilbab Traveller, Pesantren Impian dan lain – lain. Dan, satu hal yang perlu juga kita ketahui, Bunda Asma Nadia memulai perjuangannya dari kondisi ekonomi keluarga yang serba kekurangan dan juga berbagai macam penyakit. Tapi semua itu tidak menjadi penghalang baginya untuk berkarya.

3. Afifah Afra

Writerpreunership, mungkin itu sebutan yang tepat untuk ibu yang satu ini. Ibu Afifah Afra juga penulis senior di Indonesia, sudah menulis 60an buku dan juga berhasil meraih belasan penghargaan di dunia kepenulisan. Selain itu Ibu Afifah Afra juga mendirikan Perusahaan penerbitan buku Indiva media kreasi. Hingga kini beliau masih terus melahirkan karya-karya terbaiknya untuk menginspirasi Indonesia.

4. Helvi Tiana Rosa

Helvi tiana rosa, lebih akrab dengan panggilan bunda Helvi ini adalah seorang penulis dengan karyanya yang cukup legendaris yaitu Ketika Mas Gagah Pergi (KMGP). KMGP disebut-sebut sebagai karya yang cukup banyak membuat pembacanya tergerak untuk berhijrah kejalan kebaikan, tak sedikit orang yang akhirnya berubah asbab dari karya beliau KMGP ini. Oya, perlu kita ketahui bersama juga, bunda Helvi ini adalah kakak dari Bunda Asma Nadia. Dalam satu kesempatan beliau pernah bercerita, semasa kecil mereka sudah sangat mencintai membaca. Bahkan pernah suatu ketika mereka berdua membaca secara bergantian koran pembungkus belanjaan ibunya dari pasar. Inspiratif sekali !

5. Izzatul Jannah

Izzatul Jannah, lebih akrab dengan panggilan mba I-je ini banyak dikenal lewat karya-karya fiksi Islaminya. Puluhan karya berupa novel dan juga kumpulan cerpen telah berhasil diterbitkan dan menginspirasi banyak orang.

Itulah 5 penulis muslimah, yang InsyaAllah sangat Inspiratif. Mau kenal lebih dekat lagi dengan mereka ? Miliki dan baca karya-karya mereka.

Artikel Menarik Lainnya







comments