Mudik bersama anak memang seru. Tapi di balik keseruan itu, ada serentetan persiapan yang perlu diperhatikan. Yuk kita simak 5 hal berikut.

  1. Cek Kesehatan Anak

Ini adalah hal wajib pertama  yang harus kita perhatikan. Dengan kondisi kesehatan yang prima, tubuh anak akan siap melakukan perjalanan jauh. Jika perlu lakukanlah treatment special, misalkan sejak h-3 keberangkatan. Kita bisa meminumkan anak madu, vitamin, jus kurma, juga memperbanyak asupan sayur dan buah-buahan. Penting juga untuk menjaga anak agar tidak terlalu lelah sebelum berangkat, supaya kondisi tubuhnya tidak menurun tiba-tiba.

  1. Cek Perlengkapan Anak

Buatlah daftar perlengkapan anak yang perlu dibawa, antara lain : pakaian ganti sesuai hari bepergian, pakaian dalam, sandal/sepatu, topi, baju untuk hari raya, popok sekali pakai, dan beberapa mainan untuk mengatasi kebosanan. Jangan lupa siapkan juga kantong muntah yang bisa digunakan jika si kecil mabuk.

 

  1. Bawa Obat-obatan dan Vitamin yang Dibutuhkan

Situasi di perjalanan tidak selalu bisa diprediksi. Daripada sulit mencari obat saat nanti dibutuhkan, lebih baik kita siapkan dari rumah. Apalagi jika anak kita terbiasa menggunakan obat khusus yang tidak selalu ada di apotek biasa. Bawa juga vitamin dan obat antimual/antimabuk untuk berjaga-jaga.

 

  1. Bawa Cemilan dan Mainan Kesukaan

Anak-anak biasanya suka mengemil. Pastikan cemilan kesukaannya tidak terluput dalam barang bawaan. Membawa cemilan dari rumah juga mencegah kita jajan sembarangan atau terlalu boros. jangan lupa juga untuk membawa mainan favorit mereka. Robot atau boneka kesayangan biasanya menjadi teman yang ampuh untuk menghabiskan waktu.

  1. Cek Kondisi Anak Selama Perjalanan

Sering-seringlah bertanya apa yang dirasakan anak, misalnya apakah ia ingin buang air, pusing, lapar/haus dan sebagainya. Jangan ragu untuk berhenti jika memang penumpang cilik ini butuh oksigen ke luar kendaraan dan meregangkan otot beberapa saat.

  1. Buat Aturan Selama Perjalanan

Banyak aturan bisa disepakati bersama anak. Musyawarahkan apa-apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam perjalanan. Hal ini akan memudahkan kita mengendalikan perilaku anak yang bisa saja mendadak rewel nantinya karena merengek minta ini-itu dan sebagainya. Hal yang diperbolehkan misalkan menonton hanya 2 film saja di tablet ayah, membeli es krim di tempat peristirahatan, dll. Hal yang tak boleh antara lain, berjingkrak-jingkrak di mobil yang sedang melaju, bertengkar dengan adik, dan sebagainya. Sepakati pula konsekwensi jika anak melanggar aturan yang sudah dibuat. Jangan lupa, beri apresiasi yang tulus saat mereka mentaatinya.

 

***

Travelling bersama bocah-bocah memang sedikit repot, ya. Tapi percayalah, hal ini bisa menjadi sangat menyenangkan jika kita melakukan persiapan yang baik. Nikmatilah dinamika dan kebersamaan yang hangat sepanjang perjalanan. Dan rasakan kedekatan yang semakin kuat bersama keluarga tercinta. Have a nice trip mom and dad!

Artikel Menarik Lainnya







comments