Undangan adalah elemen terpenting dalam persiapan pesta pernikahan. Terlebih bagi kamu yang memiliki banyak teman, kenalan, guru dan orang-orang yang dirasa penting menghadiri hari istimewamu tentu butuh undangan untuk memberitahu mereka. Namun sayangnya sering kita melihat undangan pernikahan menjadi sesuatu yang mubazir, hanya dilihat dan dilirik satu kali lalu dibuang masuk ketempat sampah, sayangkan jika undanganmu yang sudah didesain semenarik mungkin, dibuat dengan bahan terbaik dan juga dengan biaya mahal namun berakhir di tempat sampah dan jika tidak diolah dengan baik tentu kertas yang terbuang begitu banyak akan merusak lingkungan.

Selain sebagai bentuk kepedulian kita lingkungan, hal ini juga termasuk perbuatan mubazir salah satu perbuatan yang tidak disukai oleh Allah SWT, bahkan Allah SWT berfirman dalam surah Al-israa ayat 27 yang artinya : ” Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.”

Nah, jika kamu tertarik membuat undangan pernikahan yang hemat, penuh manfaat dan ramah lingkungan mungkin ide-ide membuat undangan berikut cocok bagimu.

1. Undangan pernikahan online

Undangan pernikahan online, mungkin ini sudah tidak asing lagi bagi kamu. Sebuah undangan yang dikemas dengan sangat menarik dalam bentuk halaman website, memberi nama domain dengan nama kamu dan pasanganmu. Jika ingin mengundang teman-temanmu cukup dengan menyebarkan alamat urlnya. Undangan ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki banyak kenalan atau pertemanan.

Memang undangan online tidak sepenuhnya menjadi solusi undangan pernikahan sebab untuk orang-orang terdekat atau bagi mereka yang masih belum akrab dengan dunia internet tentu masih dibutuhkan undangan kertas.

2. Undangan pernikahan berupa buku saku

Membuat undangan dalam bentuk buku saku adalah alternatif terbaik agar undanganmu tidak mubazir dan terbuang begitu saja. Kamu bisa merancang dengan kreatif undangan dalam bentuk buku sakumu dengan sebagus dan semenarik mungkin. Contohnya, bagian dua halaman depan adalah perihal pernikahanmu yang berisi nama pasangan mempelai, tanggal pernikahan, tempat pernikahan serta keluarga-keluarga yang turut mengundang.

Sementara bukunya adalah halaman selanjutnya, bisa saja kamu mengisinya dengan doa-doa dan zikir-zikir pilihan, adab-adab pernikahan, inspirasi rumah tangga islami, kumpulan puisi cinta atau apapun itu ide kreatifmu. InsyaAllah dengan seperti ini selain hemat juga bisa menjadi amal jariyah bagi kalian, selama buku tersebut masih dibaca, dan diambil manfaat ilmunya oleh orang maka selama itu jugalah pahala kebaikan terus mengalir untukmu dan pasangan.

3. Undangan pernikahan berupa sapu tangan

Memang ini terdengar tidak lazim, tapi tak ada salahnya kamu mencoba. Membuat undangan dalam bentuk sapu tangan, memilih kain yang cukup bagus dan menuliskan perihal pernikahanmu dengan tinta yang bisa luntur jika dicuci. Nah, setelah pesta pernikahanmu selesai si empunya undangan boleh mencuci sapu tangan tersebut hingga bersih dan menggunakannya.

4. Undangan pernikahan dalam bentuk kalender

Undangan pernikahan dalam bentuk kalender sangat cocok jika kamu menikah di akhir atau di awal tahun. Kamu bisa memodifikasinya dengan membuat kalender masehi dan hijriah serta memberi tanda khusus untuk tanggal-tanggal yang biasa dilaksanakan puasa sunnah.

5. Undangan pernikahan dalam bentuk kaligrafi dinding

Undangan pernikahan seperti ini cukup menarik untuk kamu coba, kamu cukup membuat kaligrafi seukuran A5 atau A4. Di belakangnya adalah perihal tentang undangan pernikahan sementara dibaliknya adalah kaligrafi tulisan asma Allah dan Muhammad atau kaligrafi lainnya dengan bahan kulit atau canvas lukis. Setelah pesta pernikahanmu usai yang punya undangan bisa menempelkan kaligrafi tersebut di dinding rumahnya.

6. Undangan pernikahan dalam bentuk kipas

Undangan pernikahan dalam bentuk kipas adalah bentuk undangan pernikahan yang sederhana namun penuh manfaat. Salah satu ide menarik untuk kamu coba, apalagi bagi kamu yang tinggal di dataran rendah atau perkotaan dengan cuaca yang relatif panas.

Itulah enam ide kreatif untuk membuat undangan pernikahanmu agar hemat, penuh manfaat dan yang paling penting tentu selalu bernilai kebaikan. Jika punya ide lain silakan dan tambahkan dan berkreasi dengan kreatifitasmu.

Sumber foto : riaspengantinmuslimah.com

 

Artikel Menarik Lainnya







comments