Tanpa kita sadari kita hari ini adalah buah dari prilaku atau kebiasaan yang kita lakukan di masa lalu, dan kita esok hari adalah buah dari kebiasaan yang sering kita lakukan hari ini. Kalau ada yang bertanya apa yang sangat berpengaruh bagi masa depan kita kelak ? Mungkin jawabannya adalah kebiasaan. Jika kebiasaan yang terus kita lakukan adalah kebiasaan buruk tentu akan berpotensi juga untuk menjadikan masa depan kita nanti buruk, begitu juga saat yang kita tumbuhkan adalah kebiasaan yang baik tentu akan berpotensi juga untuk menjadikan masa depan kita baik.

Berikut adalah 6 kebiasaan buruk yang sangat mempengaruhi masa depanmu nanti :

1. Kebiasaan bangun kesiangan

Jam berapakah idealnya bangun pagi ? Islam sendiri mendidik umatnya untuk bangun dari sepertiga malam tersirat dari banyaknya keutamaan-keutamaan dari ibadah di waktu ini. Mulai dari shalat tahajud, shalat sunnah sebelum shubuh hingga shalat shubuh di awal waktu. Dalam banyak penelitianpun disebutkan bahwa orang-orang sukses di dunia termasuk yang non muslim mereka membiasakan bangun di pagi hari, sebab salah satu manfaat bangun pagi hari adalah membuat pikiran jernih, hati lebih tenang dan badanpun segar.

Pagi juga disebut-sebut sebagai golden times yang artinya waktu di pagi ini sangat berpengaruh bagi waktu-waktu selanjutnya sepanjang hari. Jika seseorang mengawali paginya dengan baik InsyaAllah hari-harinyapun akan terasa baik begitu pula sebaliknya jika dia memulai pagi dengan rasa enggan dan malas maka bisa diprediksi ia juga akan menjalani hari tersebut dengan penuh kemalasan.

Bangun kesiangan adalah salah satu kebiasaan buruk yang mesti diubah, dampak buruk pertama dari kebiasaan ini tentu shalat shubuhnya juga akan ikut kesiangan atau malah tidak shubuh sama sekali. Maka jika kamu punya kebiasaan ini sudah semestinya untuk segera diubah. Mungkin awal-awal terasa sulit tapi yakinlah jika kamu memiliki kemauan yang kuat Allah yang akan bantu memudahkan.

2. Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan

Kebiasaan buruk yang kedua adalah menunda-nunda pekerjaan. Sehingga pada akhirnya pekerjaanmu menumpuk dan dikerjakan secara terburu-buru ketika deadlinenya sudah datang. Jika kamu punya kebiasaan ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap kinerjamu. Jika kamu seorang pekerja maka bisa dipastikan pekerjaanmu akan berantakan sehinga sering mengecewakan banyak orang lain. Karena saat dikerjakan terburu-buru di akhir waktu tentu hasilnyapun tidak maksimal.

3. Kebiasaan sering telat atau tidak disiplin

Kebiasaan buruk yang ketiga adalah tidak disiplin dengan waktu, sering telat datang ke sekolah, kampus, kantor ataupun saat membuat janji dengan seseorang. Jika ini terus-terus dilakukan tentu akan merusak nama baikmu, menghilangkan integritas serta membentuk citra diri yang buruk di mata orang lain

4. Kebiasaan sering menyalahkan orang lain

Selanjutnya adalah terlalu sering menyalahkan orang lain dan enggan untuk mengakui kesalahan diri sendiri. Sehingga saat berbuat kesalahan selalu mencari-cari kambing hitam agar dirinya terlepas dari kesalahan tersebut. Sebagai anak muda yang baik tentunya kamu harus berani mengatakan apa adanya jika itu memang kesalahanmu maka akuilah dan minta maaf.

5. Kebiasaan sering membuat alasan

Sebenarnya kebiasaan ke lima ini tidak terlalu beda jauh dengan kebiasaan nomor 4. Ini biasa dilakukan oleh seseorang jika dirinya bersalah atau membuat kesalahan selalu punya seribu alasan untuk bisa terlepas diri dari kesalahannya.

6. Kebiasaan sering membuang-buang waktu untuk hal yang tidak produktif

Terkadang kita terlihat begitu sibuk, sering tak punya waktu dan pada akhirnya pekerjaan menumpuk padahal sebenarnya kesibukan yang terjadi hanya kesibukan semu, sibuk tapi tidak produktif hanya buang-buang waktu. Contoh dari kesibukan-kesibukan semu ini adalah terlalu lama stalking yang tidak penting di berbagai sosila media, menghabiskan waktu dengan ngobrol ngalur ngidul atau ngerumpi , menghabiskan waktu dengan terlalu lama menonton televisi serta aktivitas-aktivitas tidak bermanfaat lainnya.

Sumber foto : Pexels

 

Artikel Menarik Lainnya







comments