Tak hanya wanita saja ingin dimengerti, laki-laki pun juga butuh pengertian dari istrinya. Seorang suami tentu merindukan istri yang pengertian terhadap dirinya, dan alangkah bahagianya dia jika istri pengertian tersebut adalah anda, istrinya. Menjadi istri pengertian bukanlah hal yang sulit selama ada niat dan kemauan yang kuat untuk membahagiakan suami setiap wanita bisa menjadi istri yang pengertian.

Jika anda ingin menjadi istri pengertian yang selalu disayang dan dirindu oleh suami anda, 6 kiat berikut layak untuk anda coba.

1. Selalu taat dan patuh pada suami selama tidak bertentangan dengan syariat

Wanita mana saja yang meninggal dunia lantas suaminya ridha padanya, maka ia akan masuk surga.(HR. Tirmidzi )

Taat dan patuh pada suami adalah hal pertama dan utama bagi setiap istri tentu dengan syarat selama itu masih dalam koridor kebaikan dan tidak bertentangan dengan syariat Islam. Setiap suami tentu merindukan istri yang patuh dan taat padanya.

2. Memahami kemampuan suami dalam hal ekonomi

Yang kedua adalah mengerti akan kemampuan ekonomi suami. Tak sedikit perselisihan dalam rumah tangga terjadi disebabkan oleh masalah ekonomi. Istri yang terlalu menuntut namun kemampun ekonomi suami belum mencukupinya. Istri yang pengertian tentu yang paham kemampuan suami, menerima, bersabar dan terus memotivasi suami.

3. Menjadi sahabat setia yang selalu mendampingi suami baik dalam suasana lapang maupun sulit

“Mereka (para istri) adalah pakaian bagimu dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka,” (QS. Al-Baqorah: 187).

Jika ditanya apa barang yang paling dekat dengan kehidupan kita ? Mungkin jawabannya adalah pakaian. Kita selalu berpakaian saat dimana saja dan kapan saja. Fungsi pakaian tentu untuk menutup aurat, melindungi dari panas dan dingin, memberi identitas dan juga sebagai perhiasaan. Istri yang pengertian adalah yang selalu membersamai sang suami, ia menjadi pakaian yang menjaga, melindungi dan memperindah suaminya. Ia selalu dampingi suami baik dalam suasana lapang maupun sulit, baik dalam kondisi senang maupun sakit.

4. Membantu suami untuk menjadi laki-laki yang lebih taat dan bertakwa pada Allah SWT

Sebaik-baiknya istri tentu yang keberadaannya semakin mendekatkan diri suaminya kepada Allah SWT. Ia tak pernah letih untuk terus menyemangati suaminya agar semakin rajin beribadah, ia selalu ada untuk menguatkan suaminya agar memastikan sang suami bekerja mencari nafkah dengan cara yang halal dan ia selalu mendoakan kebaikan untuk suaminya. Inilah salah satu kiat untuk menjadi istri yang pengertian.

5. Menyayangi keluarga suami layaknya anda menyayangi suami anda

Pernikahan tidak hanya bersatunya dua insan manusia, anda dan suami. Tapi lebih luas dari itu pernikahan juga menyatukan dua keluarga besar. Bakti seorang istri semestinya tidak hanya pada suaminya saja tetapi juga kepada orang tua dan keluarga suaminya yang lain. Seorang istri yang pengertian menaruh hormat dan memberikan kasih sayang kepada orang-orang yang juga disayangi oleh suaminya.

6. Tidak meminta sesuatu diluar kemampuan suami

Saat seorang istri memahami kemampuan suaminya maka sudah selayaknya dia tidak meminta sesuatu di luar kemampuan suaminya. Banyak para laki-laki yang akhirnya terjerumus pada hal-hal buruk dalam mendapatkan nafkah karena terkadang tuntutan istri di luar batas kemampuannya. Dengan jalan terpaksa mereka menempuh cara-cara yang tidak diridhoi oleh Allah SWT seperti menipu, mencuri, korupsi dan lain sebagainya.

Jika cinta itu adalah sebuah istana maka sikap pengertian adalah salah satu fondasi yang ikut menjadikan istana cinta tegak dengan gagah. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya bangunan cinta dalam rumah tangga anda tanpa hal ini.

Artikel Menarik Lainnya







comments