Perjalanan jauh mensyaratkan tubuh yang fit. Bagi kita yang mudik dan makan waktu berjam-jam, tentu perlu memerhatikan asupan apa saja yang masuk ke perut. Termasuk, membatasi diri mengonsumsi makanan yang justru harus dihindari. Berikut ini beberapa di antaranya :

  1. Makanan Pedas

Sebagian orang Indonesia suka makanan pedas. Jika kita termasuk di dalamnya, maka jangan sampai kelezatan di lidah ini mengacaukan perut dan membuat kita mulas di jalan. Kalau mudah menemukan toilet tentu tidak masalah. Tapi jika kondisi jalanan macet, toilet antri dan kurang higienis, pasti akan sangat mengganggu.

 

  1. Minuman Berenergi yang Mengandung Kafein

Terkadang kita merasa perlu minum minuman berenergi sebagai tonik tubuh. Hati-hati dan perhatikan kandungannya. Sebaiknya hindari minuman berenergi yang mengandung kafein, sebab menurut ‎Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. M. Adib Khumaidi, Sp.OT, minuman jenis ini menyebabkan sakit dan lemas.

 

  1. Minuman Bersoda

Minuman ini memang terasa segar sekali diminum pada saat haus. Tapi hati-hati, minuman berkarbonasi ini dapat membuat perut kembung dan bau mulut.

 

  1. Makanan Asin

Makanan asin seperti keripik, gorengan, atau biskuit asin memang paling asyik menemani perjalanan. Tapi makanan jenis ini membuat kita cepat haus dan dehidrasi, demikian para ahi mengatakan.

  1. Makanan Asam

Seperti kita ketahui, makanan dan minuman asam rentan meningkatkan asam lambung. Selama perjalanan, tentu tidak nyaman jika perut terasa mual.

 

  1. Makanan Manis dan Berkarbohidrat Tinggi

Makanan manis memang memberi energi, apalagi kalau kita baru saja berpuasa. Namun ternyata ini hanya sementara. Dr. Tirta Prawita Sari spesialis gizi menganjurkan untuk mengonsumsinya sekedarnya saja, karena makanan ini mudah diserap tubuh dan oleh karenanya kita menjadi cepat lapar lagi. Kalau sudah lapar, maka tubuh akan terasa lemas dan mudah mengantuk.

***

Wah, wah, ternyata banyak juga ya makanan dan minuman yang perlu kita hindari selama perjalanan mudik. Apalagi, hampir semuanya adalah makanan yang kita suka.

Tapi tenang… makanan ini kan dihindari karena bisa menyebabkan ketidaknyamanan selama perjalanan. Nanti kalau sudah sampai tempat tujuan, boleh kok mengonsumsi lagi. Asal proporsional dan tidak terlalu  banyak, ya. Dan dengan menghindari makanan di atas sementara waktu, mudah-mudahan perjalanan mudik kita semakin lancar.

—oOo—

 

bahan bacaan :

http://nova.grid.id/Tips/4-Jenis-Makanan-Yang-Harus-Dihindari-Saat-Mudik

http://www.jawapos.com/read/2016/06/24/36048/makanan-dan-minuman-yang-perlu-dikonsumsi-saat-mudik

http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/07/agar-tak-mengantuk-saat-mudik-hindari-makanan-ini

https://lifestyle.sindonews.com/read/1121161/166/makanan-yang-harus-dihindari-selama-mudik-1467351492

picture : http://ciricara.com/2013/01/01/makanan-dan-minuman-pemicu-gangguan-pencernaan/

Artikel Menarik Lainnya







comments