Satu hal yang harus benar-benar diperhatikan saat sedang hamil adalah kecukupan nutrisinya. Ibu hamil tak hanya makan untuk dirinya sendiri, namun juga untuk calon bayi yang terus tumbuh di dalam rahimnya. Itulah mengapa, setiap hari seorang ibu hamil harus sadar dengan apa yang mereka makan, agar kelak sang buah hati bisa lahir dalam keadaan sehat.

Salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil adalah dengan makan buah-buahan. Di luar sana banyak sekali buah untuk ibu hamil yang secara klinis mampu mencukupi nutrisi yang dibutuhkan. Seperti daftar tujuh buah di bawah ini:

1. Jambu Biji Merah

Jambu Biji Merah

Jambu Biji Merah / Elmina / Pinterest

Jambu biji dengan isi merah adalah buah yang sangat cocok untuk masa kehamilan. Dalam setiap gigitan yang Anda makan, nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, hingga polyphenols bisa langsung diserap tubuh. Selain itu, jambu biji juga menambah daya tahan tubuh, melancarkan peredaran darah, hingga membantu perkembangan sistem saraf pusat pada bayi.

2. Kiwi

Kiwi

Kiwi / Elmina / Pinterest

Buah berbulu dengan daging buah berwarna hijau ini baik sekali dikonsumsi ibu hamil, terutama saat musim pancaroba. Kiwi memiliki kemampuan untuk mencegah seseorang mengalami flu. Selain itu, kiwi juga mencegah penggumpalan darah pada ibu hamil, karena kandungan fosfornya yang cukup tinggi. Konsumsilah kiwi di saat Anda mulai merasa tidak sehat, atau gejala flu sedang menjangkiti Anda.

3. Apel

Apel

Apel / Elmina / Pinterest

Apel memiliki manfaat untuk menambahkan daya tahan dan juga kekuatan tubuh pada calon bayi di dalam rahim. Selain itu, beberapa kandungan nutrisinya juga mencegah bayi mengalami penyakit pernapasan sesaat setelah dilahirkan ke dunia. Untuk vitamin, apel akan memberi ibu hamil vitamin A, E, dan D. Konsumsilah apel sehari sekali untuk mendapatkan manfaatnya yang besar.

4. Mangga

Mangga

Mangga / Elmina / Pinterest

Buah musiman yang bisa ditemukan di mana saja ini ternyata baik untuk ibu hamil. Pertama karena mangga mengandung banyak vitamin C. Selain itu, mangga juga mudah sekali diserap oleh tubuh. Mengurangi gangguan pencernaan pada ibu hamil, dan nutrisinya mudah disalurkan kepada bayi yang ada di dalam kandungan. Konsumsilah seminggu 2-3 kali sebagai pencuci mulut atau dibuat menjadi jus yang segar.

5. Stroberi

Stroberi

Stroberi / Elmina / Pinterest

Stroberi sangat baik untuk camilan semasa hamil. Atau kalau Anda tidak suka, bisa dibuat jus dengan tambahan beberapa buah lainnya. Stroberi banyak sekali mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu, buah ini juga banyak sekali mengandung asam folat serta mangan dan potasium yang membantu perkembangan tulang pada calon bayi yang akan lahir.

6. Semangka

Semangka

Semangka / Elmina / Pinterest

Semangka akan menyumbangkan banyak sekali mineral kepada ibu yang sedang hamil. Buah ini akan membantu ibu hamil terhindar dari muntah dan mengatasi dehidrasi. Semangka juga mengandung vitamin A, C, B6, magnesium, dan potasium. Mengonsumsi semangka selama kehamilan adalah pilihan yang tepat terutama di trimester terakhir.

7. Pisang

Pisang

Pisang / Elmina / Pinterest

Pisang adalah buah paling sehat yang bisa dimakan saat kehamilan. Kandungan asam folat, dan vitamin C akan membuat bayi di dalam kandungan semakin sehat. Selain itu, pisang juga merupakan sumber karbohidrat yang sangat baik, mengontrol pusing berlebih yang sering menyebabkan ibu hamil selalu mentah. Buah ini baik sekali dikonsumsi setiap hari selama trimester pertama kehamilan.

Itulah tujuh buah untuk ibu hamil yang baik dikonsumsi selama mengandung. Kandungan nutrisi yang beragam akan membuat ibu dan calon bayinya selalu sehat hingga persalinan tiba.

Artikel Menarik Lainnya







comments