Menjadi kreatif adalah sebuah keharusan, termasuk bagi muslimah.Seorang muslimah yang kreatif tentu akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik, kreatifitas yang dimilikinya akan sangat bermanfaat baginya dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapi, memberikan solusi-solusi terbaik bagi setiap masalah yang terjadi di sekitarnya.

Saat menjadi istri sekaligus ibu bagi anak-anaknya nanti pun kreatifitas sangat dibutuhkan, baik dalam memberikan pelayanan terbaik untuk suami dan juga dalam merawat anak-anaknya.

Menjadi kreatif adalah hal yang sulit bagi sebagian orang, memang pada kenyataannya ada yang sudah kreatif dari kecil dan ada juga yang sulit untuk kreatif sangat bergantung sekali pada pola pendidikan, pola asuh dan lingkungan yang membentuknya. Tapi kabar baiknya kreatifitas bisa ditumbuhkan, dilatih, dibiasakan dan diasah terus. Semua muslimah bisa menjadi kreatif jika tau caranya. Berikut adalah 7 cara menjadi muslimah kreatif.

1. Membiasakan bangun dan shalat di sepertiga malam

Selain untuk kebaikan akhirat keutamaan shalat malam juga untuk menyegarkan pikiran, dengan pikiran yang segar tentu menjadikan kita berpikir lebih kreatif lagi. Waktu sepertiga malam juga saat yang tepat untuk merenung, memunculkan ide-ide kreatif bagi kehidupan kita. So, jangan lewatkan waktu berharga ini. Bangunlah di sepertiga malam.

2. Menjadi pribadi pembelajar 

Cara yang kedua adalah menjadi pribadi pembelajar. Tak pernah lelah untuk terus belajar dalam berbagai cara dan kesempatan. Mulai dari menghadiri berbagai majelis ilmu, membaca tulisan-tulisan berkualitas dan melakukan banyak diskusi dengan teman-teman tentang berbagai hal.

3. Menjalin hubungan persahabatan 

Menjalin hubungan persahabatan dan memiliki banyak sahabat juga bisa memunculkan kreatifitas dalam diri. Sebab jika sering berkumpul dengan teman-teman tentu kita akan melihat banyak pikiran baru, masukan baru serta gaya-gaya yang berbeda dari sahabat-sahabat kita. Jalin terus hubungan baik, saling menasihati dan mengingatkan dalam kebaikan.

4. Sering melakukan perjalanan

Yang keempat adalah sering melakukan perjalanan, hal ini juga ampuh untuk menghadirkan kreatifitas. Karena dengan melakukan perjalanan kita akan mendapatkan ide-ide baru, kenalan baru dan cara pandang baru.

5. Menghargai setiap ide yang terlintas di kepala dengan mencatatnya

Ide dan kreatifitas adalah dua hal yang tak terpisahkan. Seorang yang kreatif biasanya memiliki ide-ide yang cemerlang. Ide ini ibarat binatang liar yang datang, pergi lalu menghilang. Agar ide yang datang tak raib begitu saja ikatlah ia dengan mencatatnya. Sekecil apapun idemu, sesederhana apapun gagasan yang muncul dipikiran hargailah dengan mencatatnya.

6. Berani melakukan hal-hal baru

Yang keenam adalah berani mencoba dan melakukan hal-hal baru dalam kehidupan. Selama hal itu tidak bertentangan dengan agama dan tidak merugikan orang lain tidak ada salahnya untuk mencoba.

7. Tidak mudah menyerah jika mengalami kegagalan atau melakukan kesalahan

Melakukan kesalahan adalah hal yang biasa, gagal adalah sesuatu yang lumrah. Jadi saat kamu melakukan sesuatu lalu gagal janganlah mudah menyerah. Jadikan kegagalan sebagai pembalajaran, ambil hikmahnya dan jadikan acuan untuk melakukan yang lebih baik lagi kedepannya. Seorang yang kreatif tidak mudah menyerah, mengeluh dan mengaku kalah, karena seorang yang kreatif adalah pejuang.

Pada awalnya mungkin kamu akan merasakan kesulitan, tapi jika terus mencoba dan belajar tentu pelan perlahan energi kreatifitas dapat dihadirkan. Hingga pada akhirnya kamu menjadi seorang pribadi yang kreatif, dan kreatifitas yang dimiliki bermanfaat untuk diri sendiri, orang-orang terdekat serta masyarakat yang lebih luas.

Sumber foto : pexels.com

Artikel Menarik Lainnya







comments