Pendidikan anak ala nabi (parenting nabawiyah) adalah salah satu metode pendidikan terbaik dan telah teruji sepanjang zaman. Sudah semestinya setiap orang tua menjadikan ini sebagai acuan utama dalam mendidik anaknya. Parenting Nabawiyah adalah jalan untuk melahirkan generasi terbaik, baik dari ketaatan pada Allah Swt, kecerdasan dan kebaikan akhlaknya. Generasi yang tidak hanya sukses di dunia tetapi juga sukses akhirat. Membahagiakan orangtuanya di dunia, membanggakan bangsanya dan juga menjadi sebab masuk surga bagi keluarganya.

Mendidik anak dengan cara Nabi memang bukanlah hal yang mudah, tapi tidak juga berarti mustahil untuk diterapkan. InsyaAllah semua orangtua bisa menerapkannya dalam kehidupan keluarga masing-masih. Selama memiliki modal utama mendidik anak ala nabi. Setidaknya ada 7 hal penting yang perlu dimiliki oleh setiap orang tua dalam menjalankan parenting nabawiyah. 7 Hal tersebut adalah :

1.  Niat yang tulus

Hal pertama yang perlu dimiliki oleh setiap orangtua yang akan mendidik anaknya dengan parenting nabawiyah adalah niat yang tulus karena Allah Swt. Mendidik anak dengan cara Nabi tentu menjalan sunnah Rasulullah Saw, sunnah dari manusia pilihan Allah Swt yang dipilih menjadi Nabi penutup. Pondasi utama dari mendidik anak cara Nabi adalah Al-qur’an dan Sunnah. Oleh sebab itu dibutuhkan niat yang lurus dan benar sejak awal dari orang tua saat akan mendidik anaknya. Luruskan niat kalau setiap aktivitas mendidik anak yang dilakukan sebagai ibadah sebagai jalan meraih ridha Allah Swt.

2. Keikhlasan

Hal kedua yang perlu dimiliki oleh setiap orangtua yang akan mendidik anaknya dengan parenting nabawiyah adalah keikhlasan. Syaikh Dr. Muhammad Ratib An-Nablusi mengatakan “Kalau saudara beriman kepada Allah, saudara pasti percaya bahwa mendidik anak merupakan amalan yang paling besar pahalanya secara mutlak. Tapi jujur, kalau tidak beriman kepada akhirat, anak akan terasa sebagai beban yang kalau bisa berada jauh dari saudara. Sangat melelahkan. Ia perlu dijaga, diperhatikan, diajari, ditunjuki, perlu kesabaran (dalam merawatnya), perlu napas panjang, dan kesinambungan.

3. Keteladanan

Keteladanan, ini adalah kunci utama dari mendidik anak cara Nabi. Yang akan memberi perubahan dan membentuk kepribadian anak bukan nasihat atau petuah-petuah kebaikan saja. Tetapi adalah apa yang dilakukan oleh orang tuanya, itulah yang akan diikuti oleh anak-anaknya. Maka jadilah orangtua yang mampu menjadi teladan baik bagi anak-anaknya. Jika berharap anak menjadi baik dan shaleh maka terlebih dahulu jadilah orang tua yang baik dan shaleh.

4. Kesabaran

Mendidik anak bukanlah hal yang sederhana, perjalanannya panjang, membutuhkan pengorbanan dan perjuangan. Untuk itu siapkanlah kesabaran diri yang lebih besar untuk menghadapinya. Sebab tanpa adanya kesabaran anda akan cepat kelelahan dalam menjalani proses mendidik anak. Ibarat menanam pohon maka anda perlu bersabar sejak menyemaikan benihnya, menunggu tunasnya tumbuh, menyiram dan memberikan pupuk hingga nanti tumbuh kokoh menjadi pohon yang memberikan buah.

5. Kesungguhan

Niat yang lurus, ikhlas, keteladanan dan kesabaran. Setelah itu dibutuhkan kesungguhan dalam menjalaninya. Totalitas, sepenuh hati. Mendidik anak mungkin akan melelahkan dan membuat anda merasakan capek di dunia. Dalam prosesnya harus bersungguh-sungguh jangan setelah-setengah. Sebab untuk mendapatkan hasil terbaik mesti memberikan usaha terbaik.

6. Kasih sayang

Kasih sayang adalah penawar saat anda merasa lelah dan capek dalam mendidik anak. Ketika anda berpikir akan berhenti, mau menyerah ketika berjuang mendidik anak maka ingatlah kalau anda begitu menyayangi mereka. Kasih sayang inilah yang akan menjadi energi bagi anda dalam mendidiknya.

7. Keilmuan

Segala sesuatu tentu ada ilmunya begitu juga dengan parenting Nabawiyah, ada ilmunya. Maka menjadi keharusan bagi setiap orangtua untuk menggali dan mengkaji keilmuan tentang mendidik anak. Mendapatkan ilmunya dari sumber teruji Al-qur’an dan sunnah, dan juga mengaji pada praktisi-praktisi yang telah berhasil mengaplikasikan keilmuan ini dalam kehidupan mereka.

Itulah 7 modal utama dalam mendidik anak dengan metode parenting nabawiyah, melahirkan generasi-generasi yang mencintai Allah dan Rasul-Nya, taat dalam beribadah, bertakwa dan baik budi pekertinya.

Artikel Menarik Lainnya







comments