Tempat tinggal adalah hal penting yang pertama kali diperhatikan setelah pernikahan. Banyak juga pasangan baru yang memilih tinggal di tempat orang tua terlebih dahulu, tapi kami menyarankan agar mencari tempat tinggal sendiri. Tentu dengan tinggal sendiri akan mematangkan diri serta membentuk kemandirian dalam diri anda.

Memilih tempat tinggal setelah pernikahan adalah bagian dari ikhtiar untuk mencapai rumah tangga yang sakinah, mawadah dan warahmah serta mewujudkan cita-cita rumahku syurgaku. Berikut kami bagikan 7 tips memilih tempat tinggal pertama setelah pernikahan, yang InsyaAllah tips-tips berikut akan mendekatkan anda semua untuk menggapai cita-cita pernikahan yang samara.

1. Pilih tempat tinggal yang akan meningkatkan ketaatan dan ketakwaan kepada Allah SWT

Yang pertama adalah pilihlah tempat tinggal yang semakin meningkatkan ketaatan dan ketakwaan pada Allah SWT. Dua syarat utama tempat tinggal yang sesuai dengan tips pertama ini adalah memiliki tetangga yang baik agama dan akhlaknya serta suasana ketaatan yang terbangun dalam lingkungan tersebut. Hal ini tentu bisa ditandai dari seberapa makmur masjid atau mushalla yang ada dalam lingkungan tersebut.

Lingkungan yang baik seperti ini tidak hanya bagus untuk anda beserta pasangan tapi juga untuk anak-anak anda nanti. Tentu anda menginginkan anak-anak lahir dan tumbuh di lingkungan yang baik bukan ?

2. Pilih tempat tinggal yang memiliki saluran keluar masuk udara cukup baik

Yang kedua adalah pilih tempat tinggal yang memiliki saluran keluar masuk udara yang cukup bagus. Ciri-ciri rumah yang memiliki saluran keluar masuk udara yang bagus adalah memiliki jendela yang cukup besar dan bisa dibuka serta memiliki ventilasi yang cukup. Tempat tinggal dengan saluran udara yang baik tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan.

3. Pilih tempat tinggal yang sumber airnya bersih dan sehat

Yang ketiga adalah pilih tempat tinggal yang sumber airnya bersih dan sehat. Ciri-cirinya adalah airnya tidak berwarna, tidak bau dan tempat tinggal jauh dari tempat pembuangan sampah, got atau selokan.

4. Pilih tempat tinggal yang memiliki halaman cukup luas

Yang keempat adalah pilih tempat tinggal yang memiliki halaman cukup luas, Halaman yang luas tentu akan meningkatkan kenyaman penghuninya. Bermanfaat sebagai tempat parkir kendaraan saat datang tamu, menanam tanaman hijau dan juga tempat bermain bagi anak-anak anda nanti.

5. Pilih tempat tinggal yang sekitarnya masih banyak tumbuhan hijau

Meskipun saat ini sudah jarang, tapi jika mau berusaha akan menemukan lingkungan masih banyak tumbuhan hijaunya. Tapi jika merasa kesulitan dalam menemukannya bisa dengan menanam sendiri tanaman hijau dilingkungan sekitar tempat tinggal.

6. Pilih tempat tinggal yang jauh dari kebisingan

Yang keenam adalah pilih tempat tinggal yang jauh dari kebisingan, seperti jauh dari jalan raya, pasar dan sumber keramaian lainnya. Tempat tinggal yang tenang tentu akan menambah kenyaman serta kedamaian bagi penghuninya.

7. Pilih tempat tinggal dengan harga terjangkau

Yang terakhir adalah pilihlah tempat tinggal dengan harga terjangkau, karena masih pertama-tama semuanya serba merintis tidak perlu gengsi dulu untuk tinggal ditempat yang mewah dan harganya mahal. Dan hindari juga untuk kredit rumah, jauh lebih nyaman tinggal di rumah yang masih ngontrak tapi tidak dikejar oleh cicilan perbulan dan terjerat oleh riba.

Menyenangkan tak harus mewah dan mahal, begitu juga dengan tempat tinggal. InsyaAllah masih banyak tempat tinggal yang menyenangkan, menenangkan serta memberi kenyamanan saat menempatinya dengan harga sesuai kemampuan anda. Setelah berjuang menemukan jodoh sejati, mungkin perjuangan selanjutnya adalah menemukan istana untuk membangun cinta sejati.

Artikel Menarik Lainnya







comments