Pertanyaan :

Assalamualaikum, saya mau bertanya, ada seorang Ikhwat serius dgn saya dan sudah mengutarakan keseriusannya ke saya dan sudah berkenalan dgn kedua orang tua saya,tetapi ayah saya kurang setuju dgn Ikhwat tersebut dikarenakan ikhwatbtersebut hanya pekerja staff di salah satu pabrik,tetapi dari segi agama Ikhwat tersebut termasuk dalam kategori Sholeh, yg saya tanyakan apakah saya ttp melanjutkan proses ta’aruf ini ataukah saya sudahi dgn mempertimbangkan ayah saya tidak setuju dengannya. Syukron katsiran
Judul Pertanyaan: Keyakinan hati

Jawaban :

Salam, mbak Dw

 Pertama-tama mintalah petunjuk kepada Allah yang Maha Memiliki Segala Urusan. Lakukanlah sholat istikharah dan berdoa sepenuh hati agar Allah berikan pertunjuk terbaik bagi masalah ini.

 Kedua, berdiskusilah dengan Ayah tentang keberatannya. Caritahu apakah soal pekerjaan adalah hal prinsip di mata ayah, dan apa saja yang menjadi kekhawatirannya. Ceritakan juga bagaimana karakter kebaikan agama ikhwan tersebut dan hal-hal yang menjadi kelebihannya. Jika perlu, Mbak bisa meminta bantuan pihak ketiga untuk meyakinkan Ayah. Jika memang setelah diskusi, ternyata ayah belum setuju dengan berbagai pertimbangannya, ada baiknya mbak mendengarkan nasihat beliau. Insya Allah jika Allah menetapkan ikhwan tersebut sebagai jodoh Mbak, niscaya dia akan menjadi pasangan Mbak. Tapi jika tidak, sekeras apapun berusaha, maka tidak akan terjadi.

 Dengarkan hati kecil Mbak dan teruslah memohon petunjuk Allah. Semoga Allah memberikan jalan terbaik ya.

Indra Fathiana

Indra Fathiana

Lulusan Fak. Psikologi UI ini sangat mencintai dunia keluarga, disamping minat lainnya pada dunia pendidikan dan bisnis. Selain fokus mendidik kedua putrinya di rumah, ia aktif menjadi pengurus komunitas ibu muslimah “Mommee”, terlibat dalam program remaja “Sahabatku” bersama sejawat, menyelenggarakan social entrepreneurship project untuk pemuda, serta menulis artikel di sela-sela kesibukannya. Baginya, sukses terbesar seorang wanita adalah saat Allah dan pasangan ridho kepadanya, melahirkan generasi yang gemilang, serta menjadi manfaat bagi semesta.

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

3 + 8 =

Artikel Menarik Lainnya







comments