Pertanyaan :

Assalamualaikum..wr..wb..

Apakah hukum nya belajar ayat suci alquran tanpa guru ?

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr..wb..

Secara hukum agama sah-sah saja belajar Al-qur’an tanpa guru misal dengan membaca terjemahan atau tafsiran Al-qur’an. Tetapi alangkah lebih baik jika belajar dengan guru. Karena belajar dengan guru akan memberikan banyak manfaat diantaranya :

  1. Dapat pahala kebaikan dari majelis ilmu, saat anda belajar dengan guru tentu anda akan belajar dalam majelis ilmu. Rasulullah Saw sendiri menjanjikan majelis ilmu adalah sebaik-baiknya tempat dan banyak kebaikan di dalamnya.
  2. Lansung menemukan cara mudah untuk mempelajarinya. Seorang guru tentu telah berpengalaman dan memiliki banyak cara mudah untuk belajar dan memahami Al-qur’an.
  3. Jika salah ada yang lansung membenarkan. Satu hal yang tidak didapatkan dari belajar sendiri adalah yang memperbaiki kita saat melakukan kesalahan.

Kurang lebih demikian ya, saran kami belajarlah dengan guru. Apalagi jika masih muda manfaatkan sebaik-baiknya waktumu untuk menuntut ilmu.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

5 + 11 =

Artikel Menarik Lainnya







comments