Pertanyaan :

Assalamualaikum..wr..wb..

Misalnya, ada seorang perempuan dan seorang lelaki sama-sama memiliki perasaan suka. Mereka berkomunikasi lewat handphone. Pertanyaannya apakah komunikasi tersebut haram hukumnya? Tetapi isi dalam komunikasi tersebut ialah tentang kebaikan, yaitu mengingat kebesaran allah

Jawaban :

Waalaikumsalam…wr…wb…

Hukum asalnya berkomunikasi lewat telpon tentu boleh. Tetapi jika itu dilakukan oleh dua lawan jenis yang sama-sama memiliki rasa suka dan ketertarikan tentu akan sangat rentan menimbulkan keburukan. Yang pertama adalah bagi si laki-laki, suara wanita adalah aurat dan bagi laki-laki suara wanita bisa menimbulkan syahwatnya. Jika hal ini terjadi tentu dari komunikasi tersebut akan memunculkan zina hati dan pikiran bagi laki-laki. Begitu juga bagi wanita jika dari komunikasi lewat telpon tersebut memunculkan rasa kagum, semakin cinta, semakin sayang tentu itu awal dari zina hati dan pikiran juga. Yang pada akhirnya ini secara pelan-pelan akan membawa pada maksiat yang lebih besar. Makanya firman Allah Swt itu bunyinya “Jangan DEKATI zina” yang maknanya adalah tidak melakukan aktivitas sekecil apapun yang akan mendekatkan pada zina termasuk bertelponan.

Kalau memang niatnya benar ingin belajar dan membicarakan kebesaran Allah Swt jauh lebih baik dengan sesama jenis saja atau dengan keluarga. InsyaAllah itu lebih banyak manfaatnya dari dengan lawan jenis.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

12 + 5 =

Artikel Menarik Lainnya







comments