Pertanyaan :

Assalamualaikum wrwb..

Aku berumur 23thn, belum menikah. Aku sering beristkharah untuk menentukan perkara jodohku, aku selalu berdoa jika perkara ini baik untukku di masa sekarang dn dimasa mendatang maka ridhailah dn permudahlah kami dlm suatu pernikahan begitupun sebaliknya. Tapi tak terduga setiap malam aku memimpikannya aku pun terheran dan masih merasa bingung apa petunjuk dari mimpi tersebut..
Mohon bantuannya atas pertanyaanku,. Terimakasih..

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr..wb..

Mengutip pendapat Imam An-nawawi tentang mimpi, beliau mengatakan mimpi adalah perkara yang sangat lemah, apalah kualitas mimpi kita apalagi kita bukan manusia yang dijamin oleh Rasulullah SAW, Imam An-nawawi juga menyampaikan mimpi kita adalah buah dari hawa nafsu-hawa nafsu yang muncul dari alam bawah sadar kita maka sesungguhnya janganlah kita meletakkan perkara yang haq ini pada perkara yang menduga-duga seperti mimpi. Jadi mimpi tidak bisa dan jangan dijadikan sebagai patokan dari Istikharah kita. Jadi yang bisa menjadi ukuran dari Istikharah kita adalah kemantapan serta keyakinan hati terhadap hal itu.

Dan, satu lagi menurut pendapat para ulama istikharah dilakukan setelah mengambil pilihan bukan sebelumnya. Saran kami berdo’a pada Allah Swt agar diberikan jodoh terbaik menurut Allah Swt. Semoga Allah mudahkan ya.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

5 + 10 =

Artikel Menarik Lainnya







comments