Pertanyaan :

Assalamu’alaikum..wr..wb..

Mohon penjelasan dan masukannya. Saya beberapa minggu yang lalu berkenalan dengan seorang wanita yang menurut saya baik orangnya dan agamanya yang in shaa Allah mapan karena masih study. Saya mencoba berta’aruf dan beliau sudah tau tentang biodata saya. Tetapi sampai sekarang saya belum mengetahui biodata beliau, yang melalui saudara beliau. Padahal saya menunggu kabar sudah begitu lama. Langkah apa yang harus saya lakukan agar mendapat jawaban beliau ? Apakah harus langsung mengkhitbah ke orangtuanya ? Atau dengan cara seperti apa menanggapi ? Terimakasih..

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr..wb..

Dalam proses ta’aruf semestinya sebelum bertukar biodata mas harus mengetahui dulu apakah si wanita tersebut sudah siap menikah dalam waktu dekat (karena maksimal menikah 6 bulan setelah ta’aruf) atau belum. Setelah itu konfirmasi pada wanita tersebut apakah siap menjalani proses ta’aruf dengan mas atau tidak ? Apakah dia bersedia untuk saling bertukar biodata. Jadi mesti ada kejelasan dari awal. Tapi karena ini telah berjalan prosesnya dan mas mengatakan sudah lama tidak ada kabar. Maka yang bisa dilakukan ada dua. Yang pertama adalah tanyakan dulu kepada wanita tersebut apakah dia bersedia ta’aruf atau melanjutkan ta’aruf dengan mas ? Jika dia bersedia minta ketegasan kira-kira kapan akan ta’aruf . Atau yang kedua jika mas sudah benar-benar yakin wanita itu adalah wanita shaliha yang cocok sebagai pendamping hidup mas maka lansung temui orangtuanya dan lamar. Semoga Allah mudahkan urusannya ya.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

10 + 4 =

Artikel Menarik Lainnya







comments