Pertanyaan :

Assalamu’alaikum wr..wb..

Saya mau bertanya, bagaimana menjawab sebuah lamaran kepada orang tua, serta pada yang melamar kalau sayanya sendiri tidak mau sama yang melamar ana. sedangkan dalam hal lamaran tersebut tinggal ana sendiri yang belum setuju, ana belum merasa yakin bisa bahagia dengannya walaupun sudah direstui orangtua. Jujur saja saya belum kenal sama dia tentang pribadinya, saya hanya tau fisiknya saja.

Lalu  bagaimana pula maksud dari “Ridho Allah terletak pada ridho orangtua”?
Saya takut durhaka jika menolak lamaran tersebut karna orangtua saya sudah sangat setuju bisa dibilang 80% ustad. disamping itu saya juga takut durhaka pada Suami jika ana menerima lamarannya atas dasar terpaksa.
diharapkan jawabannya

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr..wb..

Ridho Allah ada pada ridho orangtua maksudnya saat orangtua ridho InsyaAllah Allah juga ridho. Sementara untuk perihal jodoh sebelum memberi jawaban semestinya seorang ayah (wali) minta izin terlebih dulu pada anaknya , meminta pendapat anaknya apakah berkenan menikah dengan laki-laki tersebut atau tidak. Dalam memberi pertimbangan yang perlu dipertimbangkan pertama kali tentu agama dan akhlaknya. Seorang ayah sebelum memberi keputusan tentu harus melakukan penjajakan dulu mengenali lebih jauh apakah benar laki-laki itu bagus agamanya dan akhlaknya.

Untuk solusinya mba sampaikan jujur apadanya sama orang tua mba, sampaikan pada mereka kalau mba khawatir jika menikah terpaksa takut tidak tidak bisa berbakti pada suami mba nanti. Sebagai tambahan untuk saling mengenal mba bisa melakukan proses ta’aruf dulu dengan laki-laki itu. Sebagai panduannya bisa baca panduan ta’aruf disini -> Panduan Ta’aruf. Semoga Allah mudahkan

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

12 + 8 =

Artikel Menarik Lainnya







comments