Pertanyaan :

Assalamualaikum..wr..wb..

Saya mau tanya, sekarang saya sedang dekat dengan cowo. Memang baru 2 bulan ini kita sepakat untuk jalani hubungan secara serius. Secara pribadi, saya sudah nyaman dengan dia. Karena pada dasarnya saya adalah orang yang sulit menemukan kenyamanan dengan orang lain. Saya sudah bertemu keluarganya, dia juga demikian. Dan org tuanya sudah pernah mengunjungi rumah orang tua saya.
Pertanyaan saya, bagaimana cara mengirim sinyal ke cowo itu bahwa saya sudah ingin serius ke tahap selanjutnya. Untuk langsung bicara blak-blak-an rasanya saya masih belum berani, karen takut dampaknya malah jadi negatif. Terima kasih

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr..wb..

Apapun bentuknya hubungan sebelum pernikahan bukanlah hubungan yang serius terlebih lagi jika hubungan yang dijalin adalah pacaran. Aktivitas seperti ini hanya memberi mudharat bagi kedua belak pihak. Karena banyak maksiat dalam aktivitas semacam ini, sekecil-kecilnya maksiat pacaran adalah zina hati dan pikiran, belum lagi kalau sampai jalan berdua, pegangan, dan seterusnya.

Keinginan untuk serius ke jenjang pernikahan adalah hal bagus, tak perlu pakai sinyal mba lansung saja sampaikan pada laki-laki tersebut secara ‘blak-blakan’. Katakan padanya kalau mba ingin serius (menikah) jika dia sudah siap mari segerakan pernikahannya atau kalau belum hubungannya diakhir saja. Kalau mba keberatan menyampaikan sendiri bisa lewat perantara misalnya melalui orang tua mba atau kakak laki-laki. Karena dalam Islam secara tuntunannya mereka adalah wali mba, bertanggung jawab atas mba.

Nggak perlu khawatir ada dampak negative dengan menyampaikan hal ini secara terus terang, bahkan jika tidak disampaikan malah memberi dampak buruk bagi mba dan juga cowok tersebut. Semoga Allah mudahkan ya.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

11 + 4 =

Artikel Menarik Lainnya







comments