Pertanyaan :

Assalamualaikum..wr…wb…

Bagaimana caranya meyakinkan diri bahwa dia adalah jodoh atau bukan?
Sekarang saya dan pasangan sedang tahap pengenalan untuk ke jenjang yang lebih serius
Insya allah saya juga sholat istikharah. Tapi saya ingin tanya bagaimana caranya kita memperoleh jawaban dari sholat saya itu?
Dan bagaimana cara meyakinkan diri sendiri bahwasanya dia jodoh yang sebenarnya atau bukan?
Sebaga wanita saya orangnya sangat perasa, mungkin terlalu sensitif. Dan pasangan saya orang yang cuek dan sibuk dan juga pendiam.

Karena kami berbeda kota, terkadang saay merasa ragu karena jarangnya komunikasi.
Mohon pencerahannya dari masalah ini. Terima kasih

Jawaban :

Waalaikumsalam…wr…wb..

Yang pertama perlu kami sampaikan adalah cara yang mba tempuh dalam menemukan jodoh melalui pacaran meskipun jarak jauh adalah hal yang dilarang oleh Islam. Sesegara mungkin sampaikan pada laki-laki itu untuk segera serius (menikah) jika dia belum siap maka akhiri saja hubungannya karena itu InsyaAllah yang terbaik.

Cara untuk meyakini apakah seseorang itu jodoh terbaik atau tidak mba bisa lakukan beberapa tahapan. Yang pertama lakukan ta’aruf untuk ta’aruf panduannya bisa baca disini -> Panduan Ta’aruf . Dari proses ta’aruf tentu mba akan lebih mengenal pribadi dan keluarganya. Utamakan agama dan akhlak baiknya. Yang kedua minta pendapat orangtua mba, sampaikan pada mereka tentang calon mba dan minta pendapat mereka, InsyaAllah ridho dan restu orang tua adalah ridho dan restu Allah Swt.  Yang ketiga adalah minta pendapat orang-orang shaleh apakah itu guru ngaji, ustadz atau ustadzah tentang calon suami mba karena orang-orang shaleh melihat dengan kacamata imannya.

Hasil dari proses taaruf, pendapat orangtua dan orang-orang shaleh itulah yang terbaik untuk mba. Sementara shalat istikharah dilakukan setelah membuat pilihan, bukan sebelum memilih. Selama ini banyak yang keliru memahami shalat istikharah yang dilakukan sebelum membuat pilihan dan menunggu hasilnya entah dari mimpi dan sebagainya. Itu keliru. Begitu ya, semoga Allah mudahkan urusannya ya mba.

 

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

12 + 6 =

Artikel Menarik Lainnya







comments