Pertanyaan :

Assalamu’alaikum..wr..wb..

Bagaimana hubungan anak perempuan dengan kedua orang tuanya setelah menikah?  Apakah sama hal nya seperti hubungan perempuan kepada suami?  Semestinya jika perempuan sudah mempunyai suami otomatis hak nya pindah ke suami.  Bahwa sang istri harus taat dan patuh dengan suami?  Lalu bagaimana hubungan antara perempuan ke orang tuanya setelah menikah?  Makasih

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr..wb..

Hubungan tetap baik-baik saja 🙂 Dan anak walaupun sudah menikah tetap memiliki kewajiban untuk berbakti pada kedua orang tuanya. Seperti mengunjunginya, membantu orangtua jika kesulitan, memberikan kasih sayang pada orang tua. Suami yang shaleh InsyaAllah akan menganggap orangtua istri seperti orangtuanya sendiri, ia akan memperlakukan orangtua istrinya sebagaimana ia memperlakukan orangtuanya sendiri.

Namun untuk persoalan hak dan kewajiban seperti dalam ketaatan dan kepatuhan. Maka seorang istri wajib lebih taat dan patuh pada suami dibanding kepada orangtuanya. Suami adalah yang pertama untuk dilayani dan ditaatinya. Mungkin mba pernah mendengar kisah seorang wanita yang tidak mau keluar rumah karena belum diizinkan suaminya, padahal ketika itu orangtuanya dikabarkan meninggal. Ia tetap tidak keluar karena belum diizinkan suami. Dan akhirnya Allah beri kabar gembira kalau wanita ini adalah wanita terbaik karena ketaatan pada suaminya.

Itulah inti dari proses ijab kabul, penyerahan hak dan kewajiban seorang anak perempuan dari ayahnya kepada laki-laki yang akan menjadi suaminya.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

8 + 15 =

Artikel Menarik Lainnya







comments