Pertanyaan :

Assalmu’alukum Wr. Wb…

Ijin bertanya, saya belum lama ini berhijrah, dan baru baru ini sedang berusaha mengenakan jilbab yang syar’i. Baru ini juga saya memantapkan hati untuk meninggalkan masa yang kelam masa dimana yang salah menjadi benar, yang benar menjadi salah .Pacaran. saya sangat sudah mantap untuk tidak pacaran tapi sehubungan masa sekolah saya adalah orang yang sangat akrab dengan lelaki (temannya kebanyakan laki-laki maksudnya.

Jadi saya belum bisa benar-benar melepas pertemanan dengan laki-laki. Karena saya merasa laki-laki memang teman yang tepat karena kebanyakan wanita lebih banyak bergosip dan saya tidak suka itu jadi saya memilih berteman dengan laki-laki karena mereka lebih have fun. Gak gampang marah kalo di ledekin.

Sampai saat ini saya selalu nyaman berteman dengan laki laki apakah itu salah? Dan saya sering membuat kebanyakan laki-laki merasa nyaman sehingga mereka merasa saya memberi harapan padahal kan saya memang nyambung aja gitu kalo sama laki-laki. Saya merasa membalas chat sewajarnya tidak di lebihkan. Karena saya memperlakukannya sama seperti teman laki-laki saya yang biasa nya.
Mohon sarannya 😊 apa yang sebaiknya saya lakukan?

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr..wb..

Alhamdulillah, turut bahagia mendengar kabar mba berhijrah dan juga memutuskan untuk berhijab syar’i. Salah satu hakikat dari berhijab syar’i adalah menjaga diri dari pandangan mata, hati dan pikiran laki-laki. Mungkin mba merasa biasa saja berteman dengan banyak laki-laki, tetapi bagi laki-laki tentu tidak biasa. Islam pun menegaskan agar setiap laki-laki dan perempuan untuk menjaga pandangan dan kemaluannya. Cara menjaganya tentu dengan membatasi pergaulan antara laki-laki dan perempuan. Sebab memang seperti itulah semestinya laki-laki dan perempuan bergaul dalam Islam. Kami doakan, semoga mba bisa berhijrah dengan total ke jalan kebaikan. Saran kami mba ikut pengajian, biasanya kalau di kampus ada Lembaga Dakwah Kampus atau yang sejenis dengan itu. InsyaAllah para muslimah di sana baik-baik dan bisa saling mengingatkan.

 

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

4 + 8 =

Artikel Menarik Lainnya







comments