Pertanyaan :

Assalamualaikum Wr. Wb

Saat ini saya sedang menjalani hubungan dengan seorang laki-laki. Dengan perlakuannya yang selalu meyakinkan saya, saya mencoba meyakinkan apakah dia memang jodoh saya? Tetapi saya memiliki teman yang katanya bisa melihat hubungan saya kedepannya. Dia mengatakan bahwa laki-laki yang dekat dengan saya ini bukannya laki-laki yang terbaik untuk saya. Rezeki yang ia miliki tidaklah terlalu baik dan Apabila saya terus bersama dia, maka keluarga saya akan mengalami kekurangan dalam hal kemapanan keluarga. Kira-kira bagaimana tanggapannya mengenai ramalan jodoh seperti ini?

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr..wb..

Untuk hubungannya jika itu pacaran jelas dilarang oleh Islam, sebaiknya segera menikah atau putus. Untuk ramalan dari teman mba tidak perlu dipercaya, bahkan menjadi satu kemusyrikan jika kita percaya pada ramalan seseorang. Soal jodoh dan rezeki hanya Allah yang tahu, tidak patut seorang manusia menerka-nerka kondisi jodoh dan rezeki seseorang. Temannya diingatkan saja agar tidak melakukan lagi aktivitas meramal seperti itu, meskipun niatnya membantu atau bercanda tetap saja bertentangan dengan syariat Allah Swt.

Untuk mengetahui calon suami baik atau tidak. Lihat dari agamanya, ketaatannya pada Allah Swt, akhlaknya, teman-teman dekatnya, etos kerjanya dalam mencari nafkah dan juga kondisi orangtuanya. Bagaimana kira-kira pola asuh yang didapatkannya dari dulu. Jika memang mba yakin dia jodoh terbaik untuk mba, mampu membuat mba lebih dekat pada Allah dan membimbing mba sekeluarga sampaikan padanya untuk segera menikahi mba. Jika dia belum siap menikah, lebih baik segera putus. Karena pacaran itu maksiat, banyak mudharat yang merugikan dari aktivitasnya.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

2 + 9 =

Artikel Menarik Lainnya







comments