Pertanyaan :

Assalammualaikum.

Nama saya oki, saya mau tanya min mengenai lamaran secara islam. Yang menjadi syarat-syaratnya apa saja ya? Ketika calon laki-laki misalkan dia datang sendiri menemui bapak dan menyampaikan maksud tujuannya apakah itu bisa? Kalau melihat orang lain, ada yang pakai seserahan, bawa keluarga calon jg, dll. Saya ingin yg sederhana tapi tujuan nya tersampaikan.

Jawaban :

Waalaikumsalam.

Iiya mba oki, bisa seperti itu. Step-stepnya begini :

  1. Laki-laki datang sendiri atau dengan pendamping menyatakan maksudnya mau menikah. Disana kan ada keputusan diterima atau ditolak, jika diterima maka lanjut step ke 2.
  2. Laki-laki datang ke rumah orang tua perempuan membawa keluarganya untuk melamar secara resmi dan menentukan tanggal pernikahan adapun seserahan dan sejenisnya itu hanya adat/kebiasaan setempat beda, asal tidak menyalahi aturan islam sah-sah saja. Tapi ingat jangan sampai memberatkan calon suami juga seperti seserahan senilai 30 juta, atau bahkan 50 juta. Kalau bisa ya usahakan sesederhana dan sesimpel mungkin utamakan keberkahannya.

Semga Allah memudahkan prosesnya mba oki ya.

Sumber gambar : http://malahayati.ac.id/

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu
Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com
Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan segala pertanyaan kamu akan dijawab oleh para ahli psikologi muslimah. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

10 + 1 =

Artikel Menarik Lainnya







comments