Konsentrasi adalah pemusatan perhatian untuk melakukan sesuatu hingga hal itu terselesaikan dalam waktu tertentu. Agar buah hati kita menjadi anak yang cerdas salah satu syarat yang dimilikinya adalah kemampuan untuk berkonsentrasi. Konsentrasi juga melingkupi berbagai aktivitas anak seperti saat mendengarkan, melihat, mengerjakan sesuatu dan bermain.

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa suasana hati dipengaruhi oleh kadar hormon-hormon tertentu di dalam tubuh. Kadar hormon-hormon ini ditentukan oleh pola hidup seseorang, salah satunya adalah makanan.

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi.

1. Roti gandum

Produk gandum utuh seperti sereal, kerupuk gandum atau roti gandum merupakan sumber karbohidrat yang sehat dan meningkatkan konsentrasi di pagi dan siang hari.

2. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung antioksidan dan karbohidrat yang sehat tanpa mengakibatkan lonjakan gula darah. Ubi jalar dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan menjaga kadar energi

3. Bayam

Sayur hijau ini kaya akan antioksidan, mineral, dan zat besi. Bayam juga berkhasiat sebagai peningkat konsentrasi.

4. Telur

Kolin dan gizi lain yang terkandung di dalam telur dapat meningkatkan fungsi otak. Makan telur secara teratur juga dapat melindungi otak dari penyakit degeneratif (penyakit kronis)

5. Tuna dan Salmon

Ikan  tuna dan salmon kaya aan omega-3 yang sangat penting bagi otak dalam menjalankan fungsi kognitifnya. Memakan makanan yang kaya akan omega-3 akan menjaga daya konsentrasi dan melindungi otak dari penyakit degeneratif seperti Alzheimer.

6. Kacang Merah

Vitamin B (tiamin) pada kacang merak dapat mengurangi gejala depresi, meringankan gangguan suasana hati dan mempertahankan fungsi kognitif

7. Oat

Oat merupakan jenis sereal yang kaya akan gizi penting bagi otak, seperti vitamin E, vitamin B, kalium, dan seng yang mempertahankan fungsi tubuh dan otak pada kapasitas penuh.

8. Pisang

Kalium yang terdapat di dalam pisang ternyata mampu meningkatkan konsentrasi. Selain itu, kandungan vitamin B yang cukup tingi pada pisang juga mampu mempertahankan kerja sistem saraf sehingga meningkatkan konsentrasi lebih lama

9. Permen karet

Seorang ahli gizi dari Wrigley Science Institute, Gil Leveille pernah melakukan penelitian bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan konsentrasi dalam belajar. “Mengunyah permen karet menjadikan peredaran dari ke otak lebih lancar. Hal ini membuat otak memperoleh asupan oksigen yang lebih banyak sehingga kita mampu berkonsentrasi dengan lebih baik,” kata Gil Leveille.

10. Jus jeruk

Jus jeruk kaya akan asam folat yang dapat mempertajam daya ingat sehingga otak cepat menyerap informasi.

11. Beri biru, dewberry, dan stroberi

Buah jenis beri memiliki antioksidan yang dapat meningkatkan memori otak dan menambah pasokan darah ke otak sehingga konsentrasi akan meningkat. Buah-buahan jenis ini juga mengandung flavonoid yang bergizi bagi otak dan dapat menghambat penurunan daya ingat.

12. Mangga

Mangga mengandug asam glutamin yang penting untuk fungsi konsentrasi dan memori

13. Kacang kedelai

Menurut Prof. Sandra File dari Guys Hospital, London, kedelai mengandung isoflavon yang dapat bertindak sebagai reseptor estrogen dalam otak manusia. Terutama di area hipokampus yang penting untuk menjalankan fungsi memori sehingga pembentukan hubungan saraf baru lebih mudah berlansung.

14. Ginkgo biloba

Ginkgo biloba digunakan sebagai penguat daya ingat sejak zaman dahulu. Ginkgo dapat memperbaiki sirkulasi darah ke otak dengan memperbesar pembuluh dara sehingga meningkatkan pasokan oksigen ke otak.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa membantu meningkatkan konsentrasi anak, sangat cocok dicoba bagi para ayah bunda yang memiliki sulit untuk konstrasi.

Artikel Menarik Lainnya







comments