Pertanyaan :

Assalamualaikum…wr…wb…

Saya mau nanya boleh tidak saya berpacaran dengan alasan untuk saling mengenal sebelum pernikahan? Apakah untuk tahu benar tidaknya dia jodoh saya atau bukan, saya harus sholat istihorah dulu?

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr…wb..

Pacaran bukanlah cara terbaik untuk mengenali pasangan. Sebab, dalam Islam tidak ada pacaran dan Islam melarang pacaran. Sebab, pacaran itu tempatnya maksiat dan sekecil-kecilnya maksiat pacaran adalah zina hati. Jikalau ingin saling mengenal sebelum pernikahan kamu bisa melakukan ta’aruf. Singkatnya ta’aruf itu adalah proses saling mengenal sebelum menikah, dilakukan jika benar-benar sudah siap menikah.

Proses ta’aruf itu sendiri lebih seperti ini, di awali dengan bertukar biodata diri kalau ada kecocokan dari biodata dilanjutkan dengan melakukan pertemuan. Pertemuannya tidak berduaan tapi bertiga atau berempat ada perantara. Dalam pertemuan itu silakan saling menceritakan diri masing-masing, harapan akan pernikahan, kelebihan kekurangan, visi misi pernikahan dan lain sebagainya. Jika ada pertanyaan silakan ditanyakan kepada calonnya.

Jika selama proses ta’aruf tersebut menemukan kecocokan maka silakan lanjutkan kepada jenjang pernikahan, jika tidak ada kecocokan taaruf cukup sampai disitu. Sementara istikharah dilakukan setelah memilih, untuk menguatkan hati atas pilihan yang telah dipilih.

Bagaimana mengetahui dia jodoh saya atau tidak ? Sebenarnya kita tidak perlu mengetahui juga hal ini, yang perlu adalah kita melakukan hal-hal terbaik yang sesuai dengan syariat Allah Swt untuk memulai pernikahan. Jika nanti laki-laki yang menjalani proses taaruf itu menikah dan menjadi suamimu maka benarlah ia jodohmu, tapi jika dalam taarufnya tidak ada kecocokan maka dia bukanlah jodohmu.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

9 + 9 =

Artikel Menarik Lainnya







comments