Pertanyaan :

Asalamualaikum wr..wb..

Saya ingin bertanya apakah salah bila kita menikah tanpa sepengetahuan orang tua. Saya menjalin hubungan sudah 2 tahu. Kami sepakat bahwa tahun ini menikah karena menurut kami sudah cukup masa taaruf kami.  Tapi kedua orang tua saya melarang karena saya msih kuliah

Penanya : Wulandari

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr..wb..

Mba wulandari yang dirahmati Allah SWT, senang mendengar kabar anda memiliki niat baik untuk menyegerakan tapi perlu saya luruskan aktivitas hubungan anda selama 2 tahun bukan termasuk dalam kategori taaruf, karena taaruf tidak selama itu, maksimal paling lama hanya 6 bulan itupun tanpa ada komunikasi atau pertemuan lansung yang mengakibatkan terjadinya ikhtilat (berdua-duaan).

Adapun untuk menikah tanpa sepengetahuan orang tua, apakah anda rela menikah tanpa sepengatahuan orang yang sudah mengandung, melahirkan, merawat dan membesarkan anda hingga besar seperti saat ini? Mungkin anda bisa merasakan betapa sedihnya orang tua saat mengetahui anaknya menikah tanpa sepengetahuan dirinya.

Sementara secara hukum syariat Islam wanita selama dia belum menikah dia adalah milik ayahnya dan jika ada laki-laki yang akan menikahinya maka menjadi kewajiban bagi laki-laki tersebut untuk melamar dengan meminta izin pada ayah (orang tua perempuan) . Dan saat akad nikahpun yang menjadi wali dalam pernikahan adalah ayah dari pihak perempuan, kalau ayah sudah tidak ada maka boleh diwakilkan oleh kakak atau adik laki-laki, jadi adanya orang tua adalah wajib dalam pernikahan bagi seorang wanita.

Saran dari kami, coba berpikir lebih jernih lagi, komunikasikan baik-baik dengan orang tua anda dan minta juga calon suami anda untuk meyakinkan orang tua anda. InsyaAllah apapun dan bagaimanapun sikap dari orang tua adalah bukti cinta dan sayang pada anaknya, dan jangan pernah sekali-kali untuk menyakiti dan mengecewakan mereka. Semoga Allah mudahkan urusan anda.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

7 + 2 =

Artikel Menarik Lainnya







comments