Pertanyaan :

Assalamualaikum.. Saya memiliki kekasih yang saya sayangi & dalam waktu beberapa bulan lagi insyaallah saya akan menikahinya. Tapi Saat Ini Kondisi Keuangan saya sangat terbatas, saya & dia memang lagi butuh dana untuk kebutuhan pribadi maupun keluarga.. dan semakin hari kian sulit. sehingga dia memutuskan utk kerja di HONGKONG. Tapi Saya Bingung Karena Dia Mengabarkan Ke Saya Mengapa Mendadak, Sementara Saya Tidak Tahu Siapa Yg Yang Merekrut Pacar Saya..Dari Mana Asalnya & kerja Apa Pacar Saya Di Sana.. Lantas Pacar Saya Minta Restu.. Pertanyaan Saya Mengapa HATI & PIKIRAN Saya Berbeda.. Kalau Pikiran Logika Saya Mengizinkan Dia, Sementar Hati Saya Tidak Menerima. Sehingga Saya Katakan Ke dia Perasaan Saya Gk Enak. N Sebenarnya Saya Gk Mengijinkannya,. Namun Dia Tetap Pergi Tanpa Menghargai Saya.. Mohon Solusinya..
Terimakasih.

Jawaban :

Salam, mas Arn.

Apa yang calon Anda lakukan adalah bentuk inisiatif yang perlu diapresiasi, sebagai bagian dari solusi atas permasalahan yang Anda berdua hadapi.

Mengenai kejelasan pekerjaannya, apakah sudah Anda tanyakan? Berlindunglah kepada Allah atas perasaan negatif dan was-was, karena bisa jadi hal tersebut adalah bisikan syetan. Lakukanlah musyawarah dan diskusi bersama dengan tenang. Banyak masalah dapat lebih mudah teratasi dengan komunikasi yang baik, jadi bicaralah satu sama lain dengan hati yang terbuka. Ingat-ingat tujuan bersama yang lebih besar dan berharga, yakni pernikahan, yang sebentar lagi akan dijelang.

Dan, satu hal yang perlu kita ingat adalah.. sebelum akad dilantunkan, Anda belum memiliki hak apapun terhadap calon pasangan Anda. Tanyakan saja baik-baik apa rencananya dengan pekerjaan tersebut, katakan agar mohon disampaikan dan dikomunikasikan karena penting bagi Anda sebagai calon pasangannya untuk mengetahui. Perlakukanlah ia dengan baik sebagaimana manusia lainnya dan jangan menuntut rasa hormat sebagaimana suami terhadap istrinya. Nanti setelah ia menjadi istri yang sah, maka Anda sebagai suami baru berhak ditaati sepenuhnya.

Begitu, Mas, semoga membantu dan Allah melimpahkan ketenangan dan berkah atas urusan Anda.

Indra Fathiana

Indra Fathiana

Lulusan Fak. Psikologi UI ini sangat mencintai dunia keluarga, disamping minat lainnya pada dunia pendidikan dan bisnis. Selain fokus mendidik kedua putrinya di rumah, ia aktif menjadi pengurus komunitas ibu muslimah “Mommee”, terlibat dalam program remaja “Sahabatku” bersama sejawat, menyelenggarakan social entrepreneurship project untuk pemuda, serta menulis artikel di sela-sela kesibukannya. Baginya, sukses terbesar seorang wanita adalah saat Allah dan pasangan ridho kepadanya, melahirkan generasi yang gemilang, serta menjadi manfaat bagi semesta.

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

4 + 10 =

Artikel Menarik Lainnya







comments