Pertanyaan :

Assalamu’alaikum..wr..wb

Beberapa waktu yang lalu ada seorang ikhwan datang kerumah dengan niat ingin mengenal saya dan keluarga.awalnya semua keluarga berkenan untuk hal itu, termasuk saya sendiri.jika memang ada kecocokan satu sama lain saya berpikir untuk melanjutkannya ke jenjang pernikahan.tapi setelah tahu bahwa dia memiliki suku yang sama dengan saya keluarga langsung menolak untuk melanjutkan hubungan ini dengan dalih bahwa dalam adat minangkabau tidak boleh menikah dalam suku yang sama. Padahal sebenarnya bagi saya persamaan suku tersebut sama sekali tidak melanggar syariat agama, tapi keluarga tetap tidak bisa menerimanya.mohon saran dan masukannya admin.

Jawaban :

Waalaikumsalam salam kenal uni, kebetulan saya juga suku minangkabau jadi cukup memahami permasalahannya. Menikah sesuku memang sangat dilarang di minang karena orang satu suku dipercaya satu darah. Sementara jika ditilik dari syariat Islam tentu sudah jelas mana orang yang boleh dinikahi dan yang tidak boleh dinikahi.

Tapi masih ada yang dibolehkan menikah jika satu sukunya berjauhan daerah sehingga berbeda juga mamaknya (kapalo suku). Misalnya suku koto bukitinggi dengan suku koto payakumbuh. Sementara untuk kasus uni apakah kapalo sukunya sama atau berbeda seperti yang saya sebutkan diatas tadi ? Jika berbeda mungkin masih bisa  didiskusikan dengan orang tua dan mamak-mamaknya.

Jika memang kapalo sukunya sama dan satu daerah maka menurut saya lebih baik ikuti orang tua saja, kecuali jika ingin jadi pembaharu yang mendobrak kebiasaan lama tersebut di keluarga uni. Tapi akan berisiko dikucilkan dari suku dan lain sebagainya.
Kami doakan semoga Allah berikan jalan keluar terbaik ya.
Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

9 + 14 =

Artikel Menarik Lainnya







comments