Pertanyaan :

Assalamuallaikum wr wb,

Saya mau sharing,kira2 apa yg harus saya lakukan,ketika menjalin hubungan yg sudah memiliki rencana kejenjang pernikahan,namun terhenti dikarenakan ada suatu masalah,kalo type bisa dikatakan itu bukan type saya,namun dihati masih tersimpan rasa suka,sehingga saya dilema mau cari wanita lain atau menunggu sampai dia berubah,yg saya takutkan jika saya menunggu tau2 nantinya si cewe tsb sudah menjalin hubungan dengan cowo lain,saya tidak tahu apa yg dilakukannya dibelakang saya

Terimakasih

Randa M.

Jawaban :

Salam, mas Randa

Hubungan lawan jenis yang diakui dalam Islam hanyalah yang sudah melalui akad pernikahan. Jika Anda sudah berniat menikah dan tidak ada penghalang berarti, maka sebaiknya ibadah ini disegerakan.

Ada 4 hal yang menjadi kriteria bagi kita dalam memilih pasangan, yaitu karena fisiknya (kecantikan/ketampanan), kekayaan/harta, keturunan, dan agama. Yang paling baik adalah memilih pasangan karena kebaikan agama dan akhlaknya. Jika kriteria ini terdapat pada orang yang ingin kita nikahi, maka tanyakanlah apakah yang bersangkutan bersedia Anda nikahi. Namun, jika Anda ragu apakah orang tersebut bisa menjadi istri dan ibu yang baik bagi anak-anak Anda kelak, maka berhentilah mengharapkannya dan carilah orang lain.

Bersikaplah lebih logis dan tegas karena Anda adalah laki-laki yang akan menjadi pemimpin dan imam keluarga. Tidak ada yang bisa memastikan siapa jodoh kita kecuali Allah. Jika ia memang jodoh Anda, maka sejauh apapun Anda menghindar, pasti akan bertemu juga suatu saat. Tapi jika ia bukan jodoh, mau Anda kejar sekuat apapun, akad nikah tidak akan terjadi. Pastikanlah niat kita lurus untuk menikah, setelah itu berdoa dan berikhtiarlah mencari pasangan dengan cara yang Islam anjurkan.

Semoga dimudahkan, Mas. Doa saya menyertai.

Indra Fathiana

Indra Fathiana

Lulusan Fak. Psikologi UI ini sangat mencintai dunia keluarga, disamping minat lainnya pada dunia pendidikan dan bisnis. Selain fokus mendidik kedua putrinya di rumah, ia aktif menjadi pengurus komunitas ibu muslimah “Mommee”, terlibat dalam program remaja “Sahabatku” bersama sejawat, menyelenggarakan social entrepreneurship project untuk pemuda, serta menulis artikel di sela-sela kesibukannya. Baginya, sukses terbesar seorang wanita adalah saat Allah dan pasangan ridho kepadanya, melahirkan generasi yang gemilang, serta menjadi manfaat bagi semesta.

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

10 + 15 =

Artikel Menarik Lainnya







comments