Pertanyaan :

Assalamualaikum..wr..wb..

Saya mahasiswi semester 3, dan saat ini ada laki laki yang serius ingin menikahi saya, namun permasalahannya, lelaki yang ingin menikahi saya, pernah ada hubungan dekat dengan sahabat saya sendiri, bagaimana sikap saya? Apakah saya tetap menerima niat lelaki itu untuk menikahi saya dengan resiko sahabat saya tersakiti? Atau tidak menerima lelaki itu untuk menjaga perasaan sahabat saya? Terimakasih..

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr..wb..

Pertama yang perlu diketahui dulu tentang kesiapan laki-laki tersebut untuk menikah kapan ? Siap menikah segera atau menikahnya nanti 1 atau 2 tahun lagi ? Jika laki-laki tersebut siap menikah segera dalam waktu yang dekat. Maka minta laki-laki tersebut datang ke rumah mba untuk menemui ayah dalam rangka melamar.

Adapun nanti jawabannya apakah lamaran tersebut diterima atau ditolak tentu perlu anda musyawarahkan dengan segenap keluarga (ayah, ibu, kakak dan keluarga dekat lainnya). Jika memang hasil pertimbangannya laki-laki tersebut cocok untuk mba ya diterima dan tentukan tanggal pernikahannya.

Sementara dengan sahabat anda yang pernah dekat dengan laki-laki tersebut sebenarnya tidak ada masalah. Ini perlu kita luruskan bersama termasuk juga untuk sahabat anda tersebut, karena hubungan dekatnya bukan hubungan resmi atau mungkin itu malah hubungan yang dilarang semisal pacaran.

Dan, jika benar dia sahabat anda semestinya dia bahagia laki-laki yang pernah dekat dengannya menikah dengan sahabatnya sendiri. Tentu seharusnya ada dua kebahagiaan yang dirayakannya. Pertama adalah bahagia karena laki-laki yang pernah dicintainya menikah dengan wanita pilihan laki-laki tersebut dalam hal ini adalah anda . Yang kedua adalah bahagia karena anda sebagai sahabatnya menikah, dan tentu pernikahan adalah sebuah kebahagiaan dalam diri seseorang. Karena sesungguhnya cinta adalah ikut bahagia atas kebahagiaan yang dirasakan oleh yang dicintainya. 

So, jika dia sakit hati, dendam dan lain-lain maka bisa dipastikan dia belumlah dikatakan sahabat. Semoga jawabannya membantu.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

1 + 9 =

Artikel Menarik Lainnya







comments