Pertanyaan :

Assalamualaikum…wr..wb…

Saya menjalin hubungan dengan mantan selama sekitar 3 tahun, tapi kita pernah putus selama 9 bulanan karena dia selingkuh sama cewek lain. Tapi akhirnya balikan lagi, selama balikan 1 tahun pertama semua baik baik aja seblum akhirnya mantan aku ikut pkl kampus, disitu dia terjerat cinta lokasi sama teman-nya dan selingkuh lagi akhirnya kita beneran putus dan lost contak sampai sekarang, kejadian sudah 1 tahun yang lalu, selama itu aku belum dekat dengan siapa pun bukan berarti aku belum move on tapi lebih ke aku gak mau patah hati lagi, tapi teman-teman aku sering denger cerita-cerita kehidupan bahagia mantan aku dan mereka suka bandingin aku ama mantan aku dan mantan aku sama pacarnya sekarang, mereka bilang aku harus cari pacar. Apa yang harus aku lakuin kak disi lain aku tuh males bener denger kabar dan bahas bahas ini lagi

Jawaban :

Waalaikumsalam…wr…wb..

Pertama-tama mba perlu sadari kalau pacaran itu isinya hanya keburukan, Islam melarang pacaran sebab pacaran itu tempatnya maksiat. Sekecil-kecilnya maksiat pacaran adalah zina hati. Belum lagi dampak buruk bagi hati dan pikiran, orang yang pacaran capek hati dan pikirannya, berantem, cemburuan, patah hati dan seterusnya. Pacaran itu semu, main-main makanya pada akhirnya banyak yang kecewa karena pacaran.

Sekarang yang bisa mba lakukan adalah memperbaiki diri mulai dari penampilan kalau belum berhijab sempurnakan berhijab syar’i, bergaul dengan teman-teman yang shaliha saling mengingatkan dalam kebaikan bukan malah nyuruh pacaran. Jika teman-teman mba nyuruh pacaran sampaikan pada mereka kalau pacaran itu hubungan yang tidak syar’i, banyak maksiatnya dan merugikan. Untuk jodoh nanti serahkan saja pada Allah, yang penting siapkan diri sebaik-baiknya InsyaAllah nanti akan Allah pertemukan juga dengan jodoh terbaik dengan cara yang Allah ridhoi.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

15 + 11 =

Artikel Menarik Lainnya







comments