Berdo’alah kepadaKu, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahannam dalam keadaan hina dina”. (Q.S : Ghafir : 60).

Berdo’a bukanlah hanya sebatas ritual untuk meminta apa-apa yang kita butuhkan kepada Allah SWT, sebab pada dasarnya Allah maha tahu segala apa-apa yang menjadi kepentingan dan menjadi kebutuhan kita bahkan Allah jauh lebih tau dari diri kita sendiri. Akan tetapi berdoa adalah sebuah ibadah yang Allah perintahkan kepada kita setiap hambanya, doa menjadi sebuah aktivitas pendamping dalam setiap ikhtiar kita, do’a menjadi sebuah pengingat bagi diri kita bahwa setiap apa yang kita dapatkan didunia ini ada campur tangan Allah SWT di dalamnya, bukan hanya oleh sebab kepandaian kita, bukan hanya oleh sebab kepintaran kita dan tidak juga oleh sebab kekuatan kita.

Dan, mungkin bagi kita selama ini do’a hanya dilakukan disaat membutuhkan hal-hal besar sebutlah ketika mau ujian, disaat sakit, mau melamar pekerjaan atau mungkin ketika mau menikah minta jodoh. Padahal do’a bukanlah hanya untuk hal-hal besar saja. Setiap aktivitas kita apapun itu bahkan dari hal paling sederhana sekalipun ada tuntunan do’anya, namun terkadang kita sering lupa dan melupakannya. Untuk itu melalui tulisan ini kami ingin mengajak sahabat semua lagi mengingat kembali do’a-do’a yang mungkin sudah pernah dihafalkan dimasalalu namun terlupakan, atau mungkin juga bagi yang belum tau sama sekali.

1. Do’a ketika masuk pusat perbelanjaan

Berbelanja adalah satu hal yang sangat disukai dan disenangi oleh hampir setiap wanita, baik itu belanja di mall, swalayan, atau mungkin berbelanja di pasar rakyat. Namun pertanyaannya setiap akan berbelanja sudahkah kita membaca do’anya? ,berikut ini adalah do’a akan masuk pusat perbelanjaan InsyaAllah bisa di amalkan.

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ.

“Laa ilaaha illalloohu wahdahu laa syariika lahu, lahulmulku walahulhamdu, yuhyii wa yumiitu wa huwa hayyun laa yamuutu, biyadihil khoiir, wa huwa ‘ala kulli syai’in qodiir.”

“Tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya segala pujian. Dia-lah yang hidup, tidak akan mati. Di tangan-Nya kebaikan. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.” (HR At-tirmidzi)

2. Do’a ketika merasakan takut

Sering merasakan takut? atau pernah merasakan takut?. Apakah itu takut pada seseorang, takut pada gelapnya malam, takut pada makhluk halus dan berbagai jenis ketakutan lainnya. Nah, jika kamu pernah merasakannya berikut adalah do’anya.

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ

“Laa ilaaha illallaah.”

“Tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah” (H.R Al-Bukhari dengan fathul bahri: 6/81)

3. Do’a ketika ada orang yang membantu kita atau berbuat baik kepada kita.

Sebagai makhluk sosial tentu kita sering saling membantu, apakah itu kita membantu orang lain dan memberikan kebaikan kepada orang lain dan juga disaat kita yang mendapatkan bantuan dan kebaikan dari orang lain. Selain ucapan terimakasih, sebagaimana yang sering kita lakukan selama ini, ada do’a tuntunan dari Rasulullah SAW kepada orang yang telah berbaik hati membantu kita yaitu :

جزاك اللهُ خيراً

Jazakaakallaahu khairan

Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan (HR.At-Tirmidzi;2035)

4. Do’a ketika mengalami sesuatu yang tidak diinginkan

Tidak semua yang kita alami dalam kehidupan ini adalah yang kita inginkan, tak jarang kita menemui hal-hal yang tidak kita sukai dan tidak kita inginkan. Disaat kita ditimpa oleh hal-hal yang tidak kita inginkan, apa yang kita lakukan?, ngedumel?, ngeluh?, marah?, menyalahkan orang lain atau bahkan tuhan?. Tentu sangat tidak layak kita melakukan hal-hal tersebut, Rasulllah SAW mengajarkan pada kita untuk membaca do’a berikut ketika menemukan hal-hal yang tidak kita inginkan.

قَدَّرَ اللهُ وَماَ شَاءَ فَعَلَ

Qaddarallahu wa maa syafaa’a fa’al.

Allah telah mentakdirkannya dan apa yang dia kehendaki dia lakukan (HR.Muslim)

5. Do’a Agar Allah jauhkan dan hindarkan dari Syirik 

Syirik modern, begitulah mungkin istilah yang tepat untuk menyebut semakin banyaknya aktivitas syirik-syirik yang bertebaran disaat ini. Sebutlah itu zodiak dengan memberikan berbagai lamaran berdasarkan jenis zodiak kita, baik itu ramalan tentang diri, nasib, keberuntungan, keuangan, kesehatan dan lain-lain. Yang mana saat ini sangat banyak bersileweran di berbagai majalah cetak maupun elektronik maupun media sosial. Selain itu berbagai jenis layanan ramalan online maupun offline juga menjadi ancaman kesyirikan kita. Selain berusaha menjauhinya dengan berkomitmen pada diri sendiri, ternyata Rasullullah memberikan tuntunan berupa sebuah do’a untuk kita agar terhindar dari syirik.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أُشْرِكَ بِكَ وَأَنَا أَعْلَمُ، وَأَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لاَ أَعْلَمُ.

Allaahumma innii a’uudzubika an usyrika bika wa anaa a’lam, wa astagfiruka lima laa a’lam”
“Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu, agar tidak menyekutukan-Mu, sedang aku mengetahuinya dan minta ampun terhadap apa yang tidak aku ketahui.” (HR.Ahmad)
Itulah 5 do’a pilihan untuk kita pada kali ini, InsyaAllah akan dilanjut dengan do’a-do’a pilihan lainnya. Semoga do’a ini menambah khazanah ilmu kita dan menjadi jalan kebaikan. [Uda Agus/Elmina]
Sumber foto : infominati.blogspot.com

Artikel Menarik Lainnya







comments