Kecanduan gadget adalah salah satu masalah serius yang dihadapi oleh para orang tua di era digital saat ini. Dengan alasan sayang atau agar anak tidak rewel banyak orang tua memberikan gadget pada anaknya semenjak usia sangat dini. Entah itu untuk bermain game atau menonton video, alhasil hal ini menumbuhkan kecanduan dalam diri anak. Tak sedikit anak-anak di bawah usia 3 tahun sudah menghabiskan waktu diatas 5 jam per hari bersama gagdetnya.

Banyak sekali dampak buruk dari kecanduan gagdet pada anak seperti menjadikan anak anti sosial, memperlambat perkembangan mental dan juga fisiknya.

Mengutip situs New York Times, 70 persen orang tua mengaku memang mengizinkan anak-anak mereka yang usianya 6 bulan sampai 4 tahun bermain perangkat mobile ketika mereka sedang mengerjakan pekerjaan rumah tangga, serta 65 persen melakukan hal yang sama untuk menenangkan si anak saat berada di tempat umum.

Alasan sebagian orang tua mengaku meninggalkan anak-anak mereka sendiri dengan gadget saat menjelang tidur, padahal layar terang sebetulnya mengganggu tidur. Sebanyak 72 persen anak usia 8 tahun ke bawah sudah menggunakan perangkat mobile seperti smartphone, tablet, dan iPod sejak 2013, di mana mayoritas usia 2 tahun lebih suka pakai tablet atau ponsel pintar tiap harinya. Dibandingkan tahun 2011 angka tersebut masih berada di 38 persen. Angka yang cukup tinggi sekali bukan ?

Untuk itulah para ayah bunda semua, mari jaga buah hati kita dari gagdet yang bisa merusak masa depannya ini. Dokter Rich profesor psikolog Temple University Kathy Hirsh-Pasek menyebut gadget bagi anak-anak sebagai “permen digital” yang jika dibiarkan terus akan sangat berbahaya bagi perkembangan sosial anak.

Berikut adalah 4 tips mencegah anak dari kecanduan gadget

1. Menjauhkan anak dari gadget

Anak yang sudah kecanduan berat pada gadget biasanya akan sangat sulit jika dijauhkan dari gadget. Jika kita sebagai orang tua memaksakannya yang terjadi adalah anak menangis tantrum, berteriak-teriak bahkan berguling-guling atau beragam ekspresi lainnya. Disini terkadang menjadi masalah bagi orang tua, orang tua tidak tega melihat anaknya menangis seperti itu, sehingga yang dilakukan adalah kembali memberikan gadget.

Anak kecil pada awalnya tidak mengenal gadget, bahkan dia tidak tau sama sekali kalau gadget itu menyenangkan. Para orang tualah yang mengenalkan gadget pada anak. Para orang tualah yang secara lansung atau tidak mengajarkan dan membentuk pola dalam diri anak kalau gadget itu menyenangkan, bahkan tak jarang juga yang menjadikan gadget sebagai “obat” saat anak rewel. Hingga seiring berjalannya waktu terbentuklah kebiasaan yang pada akhirnya berakibat pada kecanduan anak terhadap gadget.

Jika sudah kecanduan pilihannya hanya ada dua, membiarkannya terus menerus kecanduan atau segera menghentikannya. Jika anda menyayangi anak anda tentu pilihannya adalah menghentikannya. Salah satu cara paling jitu untuk menghentikannya adalah menjauhkan gadget dari anak, merusak pola kebiasaan yang sudah terbentuk dan membentuk kebiasaan baru. Hal ini tentu tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa. Selama ada kemauan yang kuat dari dalam diri para orang tua InsyaAllah bisa.

Tips praktis menjauhkan gadget dari anak adalah bagi orang tua berusaha untuk menahan dirinya agar tidak bermain gadget saat bersama dengan anak. Buat peraturan khusus dalam keluarga misalkan setiap anggota keluarga tidak boleh memegang gadget sebelum anak-anak tidur.

2. Temukan alternatif lain untuk menghibur anak sebagai pengganti gagdet

10 atau 20 tahun silam kita belum mengenal gadget. Disaat itulah kita menjadi anak-anak yang kreatif menciptakan permainan sendiri dari alam. Tips ini bisa dicoba oleh setiap orang tua dengan menemukan atau menciptakan alternatif hiburan atau mainan untuk anak. Selain tidak menyebabkan kecanduan menciptakan mainan sendiri memiliki banyak manfaat seperti melatih kreatifitas anak, mendekatkan anak dengan orang tua secara emosional dan tentunya lebih menyehatkan.

3. Berkomitmen untuk tidak memberikan gadget lagi pada anak meskipun anak menangis

Setiap orang tua perlu membuat komitmen untuk tidak memberikan gadget lagi pada anak, apapun alasannya bahkan sekalipun dia menangis tantrum. Karena jika diberikan kembali akan berpotensi menimbulkan kecanduan lagi. Dan sebaiknya semua aplikasi game di handphone yang dihapus.

4. Sediakan waktu berkualitas tanpa gadget untuk bermain bersama anak

Dan yang terakhir adalah sediakan waktu berkualitas untuk bermain dan belajar bersama dengan anak. Anak kita tidak hanya butuh nafkah berupa materi, tapi anak-anak juga membutuhkan kasih sayang, peluk cium dan kepedulian dari orang tuanya. Setiap orang tua harus memiliki waktu berkualitas dengan anaknya, dan pastikan saat bermain dengan anak bebaskan diri anda dari gadget.

Itulah 4 tips mencegah anak dari kecanduan gadget, semoga jadi jalan kebaikan untuk kita semua.

Sumber foto : pexels.com

 

Artikel Menarik Lainnya







comments