Tak terasa waktu berputar begitu cepat, baru kemaren rasanya kita menyambutnya dengan penuh suka cita namun sekarangpun kita harus siap melepasnya dengan berat hati, ya ramadhan akan segera pergi. Dari 30 hari bulan Ramadhan maka 10 hari terakhir adalah momen istimewa, di 10 hari terakhir inilah terkabar akan turunya malam lailatul qadar yang jauh lebih baik dari 1000 bulan. 10 Hari terakhir semestinya menjadi waktu terbaik untuk meningkatkan kualitas ibadah, ada banyak amal-amal unggulan di 10 hari terakhir ramadhan yang bisa kita amalkan dan 6  amal unggulan diantaranya adalah :

1. I’tikaf

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa beri’tikaf di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan hingga beliau diwafatkan oleh Allah. Lalu istri-istri beliau beri’tikaf setelah beliau wafat.  (HR. Bukhari )

I’tikaf adalah salah satu amal unggulan di 10 hari terakhir ramadhan yang Rasulullah SAW juga melakukannya, i’itikaf bisa dilakukan di masjid atau mushalla yang menyelenggarakan program i’tikaf. Rasulullah SAW beri’tikaf di masjid selama 10 hari tanpa keluar dari masjid.

Dalam i’tikaf kita juga bisa melakukan banyak amalan-amalan terbaik lainnya seperti membaca Al-quran, berdo’a, intropeksi serta evaluasi diri dan amalan unggulan lainnya.

2. Memperbanyak tilawah qur’an

Amal unggulan yang kedua adalah memperbanyak membaca Al-quran, mentadaburi makna ayat demi ayat serta juga berusaha mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ramadhn adalah terbaik untuk pembiasaan maka salah satu hal yang juga mestid dibiasakan adalah membaca serta mentadaburi ayat-ayat Al-quran.

3. Berdo’a mendapat malam lailatul qadr

Rasulullah SAW bersabda :

“Di dalam bulan Ramadhan itu terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Siapa yang tidak mendapati malam tersebut, maka ia akan diharamkan mendapatkan kebaikan.” (HR. An Nasai )

Malam lailatul qadr adalah malam yang jauh lebih baik dari 1000 bulan, tentu setiap muslim berharap bertemu dengan malam ini. Maka berdo’a agar dikaruniakan malam lailatul qadr di 10 hari terakhir adalah salah satu amalan terbaik di penghujung ramadhan.

4. Membayar zakat fitrah, mal, profesi dan lain-lain.

Allah SWT berfirman :

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Alloh maha mendengar lagi maha mengetahui”. (Q.S At-Taubah ayat 103)

Membayar zakat adalah satu hal penting yang harus ditunaikan di bulan Ramadhan khususnya zakat fitrah sebagai salah satu kewajiab setiap muslim di bulan Ramadan. Selain zakat fitrah bisa kita juga bisa menunaikan kewajiban-kewajiban zakat lainnya seperti zakat mal untuk harta yang telah sampai hisabnya dan juga zakat profesi.

5. Mendirikan shalat malam 

Mendirikan shalat malam seperti shalat tahajud adalah amal unggulan di 10 hari terakhir ramadhan, shalat malam juga sebagai salah satu ikhtiar agar Allah karuniakan dengan malam lailatul qadr karena kita tak pernah tau kapan tepatnya malam lailatul qadr akan datang, tentu cara terbaik agar kita dikaruniakan malam penuh berkah tersebut dengan mengisi malam-malam 10 hari terakhir ramadhan dengan ibadah salah satunya adalah shalat malam.

6. Memperbanyak membaca do’a Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni

Dari ‘Aisyah ra, ia berkata, “Aku pernah bertanya pada Rasulullah SAW, yaitu jika saja ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah lailatul qadar, lantas apa do’a yang mesti kuucapkan?” Jawab Rasul SAW, “Berdo’alah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku).” (HR. Tirmidzi )

Yang keenam adalah perbanyak membaca do’a Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni, kita perbanyak membaca yang Rasulullah SAW anjurkan diatas semoga saja saat kita sering-sering membaca do’a tersebut Allah mempertemukan kita dengan malam lailatul qadr.

Sumber foto : razya4greatlife.blogspot.com

Artikel Menarik Lainnya







comments