Zina, salah satu perbuatan keji yang dampak buruknya tidak hanya di akhirat nanti tetapi juga di dunia. Allah SWT mengingatkan kita dalam Al-qur’an agar kita tidak mendekati zina.

“Dan janganlah kamu mendekati zina, karena sesungguhnya zina itu adalah faahisah (perbuatan yang keji) dan seburuk-buruk jalan (yang ditempuh oleh seseorang)” (Al-Israa : 32)

Makna sederhana dari tidak mendekati zina adalah tidak melakukan sekecil apapun aktivitas yang akan mendekatkan pelakunya pada perzinaan salah satu aktivitas yang mendekatkan pada perzinaan adalah pacaran. Zina tidak hanya merusak dua pribadi yang melakukan perbuatann tersebut namun dampak buruk dari perzinaan ini menebar dan menyebar pada banyak orang, pada lingkungan masyarakatnya.

Sebutlah si A berzina dengan si B, beberapa waktu setelah melakukan perbuatan keji tersebut tiba-tiba si B hamil. Kehamilan si B diketahui oleh orang tuanya, orang tuanya kecewa dan menanggung malu atas perbuatan anaknya. Disini tentu bisa kita perhatikan bagaimana zina membawa dampak buruk keluarga dan juga masyarakat sekitarnya.

Belum lagi akibat buruk seperti perilaku menyimpangnya tersebut ditiru oleh anak-anak muda yang lainnya. Hingga pada akhirnya kita akan menyaksikan entah berapa banyak wanita yang kecewa dan putus asa karena harga dirinya telah ternoda, entah berapa banyak para orang tua harus menanggung malu gara-gara ulah anaknya, entah berapa banyak bayi-bayi tak berdosa harus meregang nyawa sebab sang ibu tak sudi lagi untuk mengandungnya, belum lagi penyakit kelamin menular yang ternyata penularan terbesarnya melalu aktivitas perzinaan.

Itulah kenapa Allah SWT mengingatkan kita kalau zina adalah perbuatan yang keji begitu juga dengan Rasulullah SAW melalui sabdanya mewanti-wanti kita agar tidak melakukan aktivitas ini serta mengingatkan kita akan balasan atas dosa zina baik di dunia dan di akhirat.

Rasulullah SAW., bersabda, ” Wahai kaum Muslimin ! Jauhilah perbuatan zina karena padanya ada 6 macam bahaya, tiga yang pertama di dunia dan tiga yang kedua di akhirat.

3 Balasan di dunia 

  1. Lenyapnya cahaya dari mukanya
  2. Memperpendek umur
  3. Mengekalkan kemiskinan

3 Balasan di akhirat

  1. Kemurkaan Allah SWT
  2. Hisab yang buruk
  3. Siksaan di neraka

Adanya kecenderungan antara laki-laki pada perempuan adalah anugerah dari Allah SWT, ia adalah karunia terindah yang harus disyukuri dan dijaga. Cara mensyukuri dan menjaga anugerah rasa ini tentu melalui pernikahan. Melalui ikatan suci inilah apa-apa yang sebelumnya diharamkan menjadi halal bahkan menjadi ibadah yang berbuah pahala jika dilakukan.

Zina adalah perbuatan tercela, maka untuk itu mari jauhi zina. Jauhi setiap yang mungkin mendekatkan kita pada perzinaan. Entah itu tontonan yang kita tonton, musik yang kita dengar, aktivitas pergaulan dengan lawan jenis serta perihal-perihal lain yang mungkin saja mendekatkan diri kita pada perilaka keji lagi tercela ini.

Artikel Menarik Lainnya







comments