Pertanyaan :

Assalamu’allaikum..wr..wb

Saya seorang wanita yang masih terikat pernikahan dengan seorang laki-laki, masalah perceraian kami belum terselesaikan dengan baik masih dalam proses di pengadilan Agama. sudah hampir satu tahun saya berpisah dengan suami saya . Walaupun permasalahan saya dengan suami belum terselesaikan, saat ini saya tengah dekat dengan seorang laki-laki, dia adalah sahabat saya ditempat kerja.

Awalnya kami hanya teman biasa, teman sharing hanya sebatas berbagi cerita pengalaman tentang hidup kami masing – masing namun seiring berjalannya waktu kami merasakan hal yang lain selain dari sekedar kata teman baik yang membuat kami mejalin cinta yang seharusnya tidak ada karena dia telah memiliki istri. Saat ini saya benar benar merasa bingung harus berbuat seperti apa, saya tidak ingin sampai salah melangkah apalagi sampai terjerus padahal yang tidak baik, saya ingin kehidupan saya baik penuh berkah dan mendapat ridho Allah karena itu adalah kebahagiaan hidup yang paling saya inginkan.

Jika memang cinta ini fitrah dari Allah , jalan seperti apakah yang harus saya tempuh dan keputusan seperti apakah yang harus saya buat sementara kami sudah sama sama saling mengetahui keadaan kami masing masing bahkan dia telah mengutarakan maksudnya kenapa selama ini dia mendekati saya , dia berkata karena selama dia menikah kurang lebih sudah hampir 7 tahun masih belum dikaruniai keturunan selain dari itu dia juga menyayangi saya tapi dia tidak bisa memutuskan karena perasaan sayang dia terhadap saya sama besar dengan perasaannya terhadap istirinya.

Saya pun sudah bilang jika perceraian saya dengan suami saya telah terselesaikan dengan baik dan telah melewati masa I’dah nya saya berharap dia membuat suatu keputusan karena saya tidak ingin terus menjalin hubungan tanpa ikatan yang baik, saya memang tidak menyetujui tentang Poligami tetapi saya tidak ingin berada dalam cinta yang salah, saya sudah memberikan syarat padanya jika memang Allah mentakdirkan kami untuk bersama walaupun dia telah memiliki istri dan jika dia ingin menikahi saya harus dengan ijin dari istrinya dan orang tua nya merestui pernikahan kami kelak,

Pertanyaan saya apakah cinta yang saya rasakan salah ,apakah yang saya lakukan salah ,jika memang mohon beritahukan kepada saya apakah yang terbaik sesuai dengan syariat Islam sesuai dengan ketentuan Allah, terima kasih.

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr..wb..

Dalam Islam sendiri sebenarnya sudah diatur bagaimana semestinya laki-laki dan wanita bergaul, diantaranya adalah menghindari berdua-duaan baik secara lansung maupun via telpon, sms. whatsapp dan sejenisnya. Terlebih lagi jika salah satu diantaranya sudah memiliki pasangan sah. Tujuannya adalah untuk menjaga hati, dan pikiran dari maksiat, yang pada akhirnya bisa menimbulkan mudharat yang lebih besar seperti zina, menganggu rumah tangga orang lain dan seterusnya.

Cinta memang fitrah dari Allah Swt, tapi sayangnya banyak yang mengatasnamakan nafsu syahwat sebagai cinta. Sebenarnya yang ada nafsu tapi ngakunya cinta, hati-hati. Saran saya untuk mba akhiri segera hubungan dengan laki-laki itu, sampaikan padanya kalau yang mba lakukan dengan dia selama ini tidak sesuai syariat Islam. Bilang padanya, kalau saat ini dia masih bertanggung jawab pada istrinya, suruh dia menyayangi istrinya, dan jangan sekali-kali kecewakan istrinya.

Sampaikan juga padanya seperti keinginan mba, jika ingin menikahi mba lakukanlah jika itu diizinkan istri dan orang tuanya. Semoga Allah mudahkan ya urusannya.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

12 + 13 =

Artikel Menarik Lainnya







comments