Pertanyaan :

Assalamualaikum..wr..wb

Saya memiliki pasangan, kita berdua niat akan menikah siri, dikarenakan orang tua saya belum mengizinkan saya untuk menikah, tetapi pernikahan kami tidak di ketahui keluarga saya, tetapi pada saat akad tetap ada wali dan 2 orang saksi, niat kami untuk menikah baik, karena cinta, dan untuk menghindari diri dari hal hal zina, sambil menunggu orang tua saya mengizinkan untuk menikah, pernikahan yang akan saya lakukan tersebut sah atau tidak ? Terimakasih

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr..wb

Subhanallah…mba yang baik semoga selalu dirahmati Allah ya. Sebelumnya perlu diketahui dulu mba SYARAT SAH menikah itu harus ada wali kalau orang tua masih hidup maka yang berhak menjadi wali tentu orang tua mba. Dan yang kedua adalah kebarakahan menikah itu ada pada ridho orang tua mba. Pernikahan bukan hanya tentang hidup bersama dengan orang yang dicinta dan di suka saja, tapi jauh lebih dari itu pernikahan adalah salah hal yang akan dipertanggung jawabkan dunia akhirat..

Dan jika yang akan menikahkan mba itu penghulunya lurus dan paham agama tentu tidak akan menikahkan seseorang wanita tanpa wali dan tanpa restu orang tua. Semoga mba juli bisa mempertimbangkan kembali keputusannya ya.
Jika niat mba memang terhindar dari zina memutus hubungan dengan laki-laki itu jauh lebih baik daripada menikah tanpa sepengetahuan orang tua bahkan tanpa wali. Perlu mba renungkan lagi, laki-laki yang baik agamanya, taat pada tuhannya tentu akan mengikuti syariat Islam dalam menjalankan pernikahannya, bukan malah mengajak nikah sirri.
Bukan menakut-nakuti mba , hingga hari ini tak kurang dari 5 orang yang konsultasi pada kami, menyampaikan penyesalan menikah tanpa orang tua karena yang ada dalam pernikahannya hanya masalah dan masalah. Kami turut do’akan mba juli semoga Allah berikan kemudahan ya.
Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

10 + 15 =

Artikel Menarik Lainnya







comments