Pertanyaan :

Assalamualaikum..wr…wb..

Saya mau bertanya saat ini saya sedang dekat dengan seorang pria tapi dalam proses taaruf. Tapi didalam proses taaruf itu hati dan perasaan saya kadang bercampur aduk ,saya selalu menangis akan hal sikapnya kepada saya apakah saya harus lanjutkan proses taaruf ini ? Dan dia tersebut juga belum mengatakan hal serius kepada keluarga saya bagaimana solusinya ?

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr..wb..

Sebelumnya perlu diperhatikan dulu apakah proses yang dijalani benar-benar ta’aruf yang sesuai kaidah syar’i atau malah sebenarnya pacaran tetapi mengaku ta’aruf. Sebab ta’aruf memiliki 3 syarat penting. Yang pertama ta’aruf hanya dilakukan oleh mereka yang benar-benar telah siap menikah jadi kalau prosesnya benar semestinya laki-lakinya serius dan siap menikah.Yang kedua ta’aruf tidak dilakukan berdua, tidak ada proses komunikasi berdua atau bertemu berduaan secara lansung ada pihak ketiga yang mendampingi dan menjadi perantara. Jadi kalau prosesnya benar semestinya laki-lakinya tidak melakukan sesuatu yang menyakitkan pada mba. Dan yang yang ketiga proses ta’aruf yang benar memiliki batas waktu maksimal 3 bulan proses ta’arufnya dan maksimal 6 bulan menuju pernikahan. Jadi semestinya dalam jangka waktu 3 bulan sudah ada keputusan apakah akan lanjut atau tidak ke jenjang pernikahan. Apabila keputusannya adalah lanjut maka pihak laki-laki sesegara mungkin akan menemui orangtua mba untuk tahap lamaran dan menentukan tanggal pernikahan. Namun jika kesepakatannya tidak lanjut menikah maka hubungannya berakhir sampai disana.

Untuk persoalan mba perlu diteliti apakah yang dilakukan selama ini sudah benar ta’aruf atau malah pacaran berkedok ta’aruf. Hati-hati ya. Untuk lebih lengkapnya mengetahui seputar ta’aruf silakan baca panduan ta’aruf disini –> Panduan Ta’aruf .Silakan didalami dan dipahami semoga bermanfaat.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

15 + 9 =

Artikel Menarik Lainnya







comments