Pertanyaan :

Assalamualaikum.. Bagaimana caranya agar bisa ikhlas melepaskan seseorang yang dicintai setelah tau bahwa dia bukan yang terbaik buat kita dan agar tidak sedih atau takut kehilangan setelah melepaskan dia? Kalau kita ingin hijrah dan tidak pacaran lagi namun perasaan ini masih ada untuk dia apa yang harus dilakukan agar tidak mengharapkan dia lagi? Judul Pertanyaan: Agar bisa ikhlas

Jawaban :

semoga Allah istiqomahkan dalam ketaatan ya Mbak. 

memang ada saja godaan bagi orang yang mau hijrah. yang bisa dilakukan antara lain Mbak bisa perkuat hubungan dengan Allah dengan cara memperbanyak ibadah, dan berdoa agar Allah membalikkan hati dalam ketaatan dan melapangkan dada. 

salah satu doa yang sangat bagus untuk mengadukan kondisi diri kita antara lain…

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ أَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

Ya Allah, hanya rahmat-Mu yang aku harapkan, maka janganlah Engkau menyerahkan aku kepada diriku sendiri meski hanya sekejap mata dan perbaikilah seluruh urusanku. Tiada Ilah Yang berhak disembah selain Engkau.” (HR. Abu Dawud no. 5090, Ahmad no. 27898 Ibnu Hibban. Dihassankan oleh Syaikh Syuaib Al-Arnauth dan Al-Albani dalam Shahih al-Jami’ no. 3388)

selain itu Mbak juga perlu memperkuat keyakinan bahwa jodoh sudah ada yang mengatur. Jika hati tak tenang, carilah ketenangan dengan mendekatkan diri pada-Nya. Semoga Allah beri petunjuk selalu.

gbr dari https://wallpaperstock.net/poppy-field-trees-rainbow-sky-wallpapers_w47840.html

Indra Fathiana

Indra Fathiana

Lulusan Fak. Psikologi UI ini sangat mencintai dunia keluarga, disamping minat lainnya pada dunia pendidikan dan bisnis. Selain fokus mendidik kedua putrinya di rumah, ia aktif menjadi pengurus komunitas ibu muslimah “Mommee”, terlibat dalam program remaja “Sahabatku” bersama sejawat, menyelenggarakan social entrepreneurship project untuk pemuda, serta menulis artikel di sela-sela kesibukannya. Baginya, sukses terbesar seorang wanita adalah saat Allah dan pasangan ridho kepadanya, melahirkan generasi yang gemilang, serta menjadi manfaat bagi semesta.

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

4 + 3 =

Artikel Menarik Lainnya







comments