Pertanyaan :

Assalamualaikum. Wr,wb..

Saya seorang janda berumur 25 tahun. Saya menjalin hubungan dengan pria beristri, dan Tahun ini Saya dan pasangan saya berniat untuk menikah. Dan istrinya pun sudah memberikan izin. Tapi orang tua saya melarang kami menikah jika pasangan saya tidak menceraikan istrinya dulu. Apakah saya bisa menikah tanpa sepengetahuan dan tanpa restu orang Tua?

Jawaban :

Waalaikumsalam…wr…wb…

Salah satu syarat sah menikah bagi seorang wanita adalah restu dari ayah dan ibunya sebab saat menikahkan dibutuhkan wali dari pihak keluarga mba bisa ayah atau kakak laki-laki atau paman. Pernikahan itu bukan hanya untuk dunia saja mba, untuk kehidupan akhirat juga. Selain itu pernikahan yang barakah, mencapai sakinah, mawaddah dan warahmah adalah pernikahan yang diridhoi oleh orang tua mba.

Selain itu mba perlu pertimbangkan juga apakah benar-benar istri pertama laki-laki itu mengizinkannya, apakah laki-laki memiliki kesanggupan biaya untuk membiayai kehidupan dua istri. Jangan sampai nanti dia malah menelantarkan istri pertamanya dan tidak bertanggung jawab pada keluarganya. Akhirnya dia zalim pada istri dan anaknya. Pada intinya awali secara baik-baik dan sama-sama meridhoi mba agar dapat barakah dari Allah Swt. Semoga Allah mudahkan urusannya ya mba.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

6 + 11 =

Artikel Menarik Lainnya







comments