Pertanyaan :

Assalamualaikum, mau konsul.. Sdh lama berpacaran tp karena calon suami laki2nya blm berani karna belum mempunyai modal untuk menikah, solusi dan penyampaian ke pihak laki2 nya seprti apa ?? Terimakasih

Jawaban :

Mbak U yang baik,

Modal apakah yang dimaksud? Untuk pesta, untuk hidup setelah nikah, atau apa? Modal yang paling utama untuk menikah adalah kesiapan diri kedua belah pihak, ada mahar dan ada saksi. Jika kita ingat bahwa menikah bertujuan untuk ibadah, maka semua pihak sebaiknya saling memudahkan. Dan yang lebih penting daripada pesta pernikahan adalah kehidupan setelah perayaan tersebut. Jika sang pria sudah memilki penghasilan, insya Allah itu sudah menjadi modal yang baik sebagai calon kepala keluarga. Menikah tidak harus mapan terlebih dahulu, yang penting ada sumber penghasilan untuk menafkahi istri dan keluarga.

Yang paling penting untuk kita pastikan adalah keshalihan dan sikap tanggung jawabnya sebagai suami nanti. Jangan sampai tidak ada modal menjadi alasan untuk terus berpacaran, karena hanya akan memperpanjang maksiat pada Allah.

Jika memang belum siap soal nafkah, sampaikan saja baik-baik agar berusaha lebih keras untuk memperolehnya sampai kesiapan itu datang, karena harga diri pemimpin dalam rumah tangga salah satunya terletak pada kemampuannya mencari nafkah. Dan selama mempersiapkannya, lebih baik semua pihak mengendalikan diri dengan berpuasa serta fokus untuk mempersiapkan diri menuju pernikahan, baik dari segi ilmu, kesiapan mental dsb.

Semoga Allah limpahkan petunjuk dan jalan terbaik untuk Mbak.

Indra Fathiana

Indra Fathiana

Lulusan Fak. Psikologi UI ini sangat mencintai dunia keluarga, disamping minat lainnya pada dunia pendidikan dan bisnis. Selain fokus mendidik kedua putrinya di rumah, ia aktif menjadi pengurus komunitas ibu muslimah “Mommee”, terlibat dalam program remaja “Sahabatku” bersama sejawat, menyelenggarakan social entrepreneurship project untuk pemuda, serta menulis artikel di sela-sela kesibukannya. Baginya, sukses terbesar seorang wanita adalah saat Allah dan pasangan ridho kepadanya, melahirkan generasi yang gemilang, serta menjadi manfaat bagi semesta.

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

7 + 11 =

Artikel Menarik Lainnya







comments