Pertanyaan :

Saya sudah beberapa bulan dekat dengan seorang lelaki,kita juga sudah merencanakan dan berkomitmen untuk menikah tetapi mantan dari laki-laki ini terus mengejar dan mengajak balikan padahal putusnya sudah satu tahun. Hubungan mereka sudah direstuin kedua keluarga mereka tapi ada kejadian yg membuat laki laki ini ilfil dan memutuskan hubungannya disamping itu mereka beda agama.

Tapi orang tua laki-laki ini terus memaksa untuk menikah dengan mantannya ini. Padahal laki laki ini tidak mau dan dia juga sudah memberi tahu keluarganya sudah memiliki hubungan yang baru dengan saya,tetapi keluarganya menentang dengan alasan mereka sudah di jodohkan sejak kecil. Saya jadi ragu harus tetap bertahan diposisi ini atau saya menyerah saja.

Padahal laki-laki ini sedang memperjuangkan saya di mata keluarganya. Tapi saya sangat tidak sanggup bilang laki-laki ini harus terus-terus-an berantem dengan ayahnya terutama.kalau ibunya sudah menyetujui hubungan kami. Saya juga sudah solat istiqarah

Jawaban :

Waalaikumsalam…wr..wb…

Sejatinya jodoh sudah Allah tentukan mba siapa orangnya dan bagaimana pertemuannya. Tapi sengaja Allah rahasiakan agar menjadi ruang ikhtiar bagi kita untuk bersabar dan ikhlas menerima setiap ketentuan Allah. Sekarang yang bisa mba lakukan adalah berdo’a pada Allah Swt agar diberikan jodoh terbaik menurut Allah. Jika laki-laki itu yang terbaik menurut Allah InsyaAllah selalu ada cara bagi Allah untuk mempertemukan mba dengannya. Begitu juga sebaliknya.

Agar permasalahannya tidak berkepanjangan dan mba juga tidak menunggu tanpa adanya kepastian maka mba beri ketegasan saja pada laki-laki tersebut. Misalkan beri dia waktu 2 bulan untuk meyakinkan orang tuanya, jika dalam waktu itu dia tidak mampu meyakinkan orang tuanya maka akhir saja hubungan mba dengannya. Sebab salah satu parameter laki-laki siap menikah adalah sata dia mampu meyakinkan orang tuanya sendiri dan juga calon mertuanya. Selalu yakin ketentuan Allah adalah yang terbaik..

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

14 + 10 =

Artikel Menarik Lainnya







comments