Apa itu frigiditas ?

Frigiditas adalah kedinginan secara seksual yang terjadi pada wanita. Setiap wanita tentu menginginkan kepuasan dalam hubungan seksualnya, begitu juga para suami tentu berharap sang istri juga menikmati hubungan seksual yang dilakukan. Frigiditas adalah masalah wanita, saat dia tidak merasakan ketertarikan untuk melakukan hubungan seksual, saat dia tidak bisa merasakan kepuasan dalam berhubungan suami istri. Bagi wanita yang mengalami frigiditas hubungan seksual bukanlah sesuatu yang berharga baginya, meskipun ia rela melakukannya tetapi itu bertentangan dengan batinnya, dia melakukannya tanpa perasaan jujur.

Seorang wanita yang mengalami frigiditas biasanya tidak beraksi dalam hubungan seksual, dan reaksinya itu hanya sebuah kepasrahan saja agar tidak mengecewakan pasangannya. Frigiditas terjadi karena berbagai macam sebab, diantaranya adalah :

  1. Muncul dari kondisi kejiwaan wanita itu sendiri
  2. Karena ketidaktahuan suami tentang tata cara melakukan hubungan seksual yang sama-sama memuaskan
  3. Wanita yang terlalu capek bekerja dan stress
  4. Karena suami yang terlalu egois memikirkan diri sendiri saat melakukan hubungan seksual
  5. Wanita yang tidak bisa menerima suaminya dengan tulus
  6. Karena adanya penyakit pada organ tubuh wanita atau organ-organ reproduksi

Berdasarkan ada tidaknya hasrat seksual yang dirasakan wanita frigiditas dibedakan menjadi 3 jenis tipe yaitu :

  1. Hasrat seks ada, bisa teransang tapi sulit untuk mencapai orgasme
  2. Hasrat seks ada, sulit teransang dan sulit untuk mencapai orgasme
  3. Hasrat seks tidak ada sehingga menyebabkan sulit teransang dan juga tidak mencapai orgasme

Solusi Mengatasi Frigiditas

Menurut banyak penelitian 90% dari wanita yang mengalami frigiditas berawal dari faktor kejiwaan. Lebih lanjut Dr.Ida farida Spog dari RS Mitra Menteng Afia dari RS. Mitra Menteng Afia Jakarta menyebutkan faktor psikis adalah faktor utama yang menyebabkan seseorang mengalami frigiditas. Untuk itu jika ingin menyembuhkan frigiditas maka dibutuhkan dorongan dari orang terdekat khususnya pasangan untuk menemukan solusinya. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah frigiditas.

  1. Saling terbuka dengan pasangan. Masih banyak pasangan yang menganggap permasalahan seksual adalah hal tabu, tidak perlu dibahas dan dibacarakan yang penting dilakukan saja. Istri tidak terbuka pada suami tentang permasalahan seksnya, begitu juga suami yang tidak mau tau apakah istrinya merasakan kenikmatan atau tidak dari hubungan seksual yang dilakukan. Untuk mengatasi frigiditas dibutuhkan keterbukaan dari istri pada suami dan juga kepedulian dari suami kepada istrinya. Sehingga ketika masing-masing pasangan menyadari masalahnya, tentu akan memudahkan untuk menemukan solusinya.
  2. Hindari stress dan kecapean. Hal ini bisa diatasi dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan pada Allah Swt, karena biasanya pikiran yang stress karena hati tidak dekat dengan Allah Swt. Tidak bekerja terlalu capek, beristirahat dengan cukup, lakukan olahraga dengan rutin dan juga pergi liburan secara berkala.
  3. Menyadari kalau frigiditas adalah satu masalah dan tetap optimis kalau itu bisa disembuhkan.
  4. Melakukan hubungan seksual dengan pasangan di waktu yang tepat, kondisi badan segar, pikiran tenang dan di awali pemanasan terlebih dahulu. Sebagaimana kita telah bahas dalam panduan berhubungan intim dalam Islam.
  5. Jika frigiditas masih berlanjut maka tidak ada salahnya anda dan pasangan mendatangi dokter untuk berkonsultasi dan menemukan solusi pengobatannya.
  6. Di internet kita bisa temukan banyak sekali orang menawarkan obat yang bisa menyembuhkan frigiditas, entah itu berupa jamu, obat import dan lain sebagainya. Saat anda mencari solusi permasalahan ini sebaiknya lebih berhati-hati dengan berbagai macam obat yang ditawarkan terlebih lagi obat tanpa resep dokter.

Sumber referensi :

1. Buku Rahasia wanita

2. Sehatki.com

Artikel Menarik Lainnya







comments