Pertanyaan :

Assalamualaikum..wr…wb..

Saya ingin bertanya, orang tua saya melarang saya memiliki calon suami yang asalnya sama dengan asal orang tua saya. Kalo dalam adat jawa di sebut “kebo balik kandang”, karena ditakutkan orang tua akan meninggal apabila menikah dengan orang yang asalnya sama. Saya sudah menjelaskan tetapi mereka tetep kekeh untuk percaya adat. Bagaimana untuk mengatasi hal ini ustadz/ustadzah?
Waalaikumussalam

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr..wb..

Tentu hal-hal semacam itu tidak perlu dipercaya dan diyakini karena jelas bertentangan dengan syariat Islam. Perkara ajal dan kematian seseorang Allah yang menentukan. Solusinya mba sampaikan baik-baik pada orangtua kalau hal semacam itu tidak ada dalam syariat Islam. Agar orangtua mba bisa menerima pendapat mba, minta bantuan kakak, saudara yang lain, paman atau ustadz setempat untuk membantu menjelaskan pada orangtua mba.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contacttanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

13 + 15 =

Artikel Menarik Lainnya







comments